Angkasa Pura 2

Hanif Dzakiri: Tiga Hal Perlu Diperkuat Terkait SDM Indonesia

SDMSabtu, 12 Agustus 2017
IMG-20170812-WA0021

SALATIGA (Beritatrans.com) – Dunia pendidikan adalah pintu, jalan kita yang membuka jendela dunia lebih luas, “Multi talent” semua kegiatan positif diikuti.

Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja M.Hanif Dzakiri saat memberikan Kuliah Umum di IAIN Salatiga, kemarin.

Oleh kjarena itu, menurut dia, Kita harus pintar membagi waktu di tengah kesibukan kuliah.

Dilihat dari sumber daya manusia (SDM)-nya, jelas Hanif, ada tiga hal yang harus diperkuat terkait SDM di Indonesia menghadapi persaingan ke depan.

Pertama Karakter, yang didapat dari keluarga dan dari sekolah. Kedua Ilmu pengetahuan. Itu akan menjadi sumber kompetensi kita sebagai manusia.

“Ayo tingkatkan terus kompetensi kita,” seru Hanif di depan mahasiswa baru IAIN Saltiga tersebut.

Ketiga Jaringan Berorganisasi. Saya menyaksikan mereka yang aktif berorganisasi menjadikan mereka memiliki jaringan yang lebih luas.

Kekuatan Karakter

Menaker Hanif Dzakiri memberikan luliah umum dan menghadiri Acara Inspiring Alumni Orientasi Pengenalan Akademik & Kemahasiswaan (OPAK) 2017 di IAIN Salatiga.

Dalam sambutan saya sampaikan bahwa pendidikan adalah jalan tercepat untuk menuju karir apapun. “Saya terlahir dari keluarga yang terbatas,” kata dia.

Namun, papar kader PKB itu, orang tua saya percaya akan dunia pendidikan.

Lebih lanjut, Hanif menyampaikan, mengapa dia memilih IAIN? Karena, IAIN salah satu kekuatannya yang sangat berkarakter yaitu akhlak, budi pekerti dan nasionalisme.(helmi)