Angkasa Pura 2

15 Kapal Tol Laut Pesanan Ditjen Hubla Kelar Tahun Ini, Siapa Berminat Menjadi Kru?

DermagaMinggu, 13 Agustus 2017
Tol-Laut

SERANG (BeritaTrans.com) – Kapal KM Kendhaga Nusantara 14 yang meledak di areal PT Krakatau Shipyard merupakan satu dari 15 kapal tol laut yang dipesan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan.

“Masing-masing kapal berkapasitas 100 TEUs. Dapat mengangkut 100 kontainer ukuran 20 feet,” ungkap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Bay M Hasani.

Belasan kapal itu saat ini dibangun di sejumlah galangan, termasuk di Batam, Palembang dan Serang. “Seluruh kapal dijadwalkan selesai akhir tahun 2017,” ungkapnya kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Sabtu (12/8/2017).

Pengadaan kapal ini, dia menegaskan menjadi bagian dari komitmen pemerintah membangun tol laut dalam rangka melancarkan distribusi logistik ke seluruh pelosok Indonesia.

Ketersediaan kapal kontainer, Bay menuturkan diharapkan dapat menjaga pasokan kebutuhan masyarakat, yang pada gilirannya dapat menekan harga di tingkat konsumen.

“Harga pengangkutannya tentu lebih murah karena operasional kapal disubsidi oleh APBN. Artinya ada pemangkasan dalam hal biaya angkut logistik yang harus ditanggung produsen atau pedagang,” ujarnya.

KRU KAPAL
Mengenai kru kapal, Bah M Hasani menegaskan diserahkan kepada operator kapal tol laut tersebut. “Operator kapal akan ditender. Pemenang tender berwenang penuh untuk mengadakan kru kapal,” cetusnya.

Dia meyakini maskapai pelayaran dapat dengan segera merekrut kru kapal. “Nggak repot kok untuk mendapatkan kru kapal,” tegasnya.

unnamed

KENDHAGA NUSANTARA I
Sebelumnya, PT Bandar Abadi Shipyard Batam di Tanjunguncang, Batuaji sukses mengerjakan satu unit kapal pesanan kementerian perhubungan.

Kapal dengan nama Kendhaga Nusantara I itu merupakan kapal pengangkut peti kemas atau kontainer untuk menunjang program Tol Laut.

Kapal yang mampu memuat 100 kontainer itu resmi diluncurkan di PT Banda Abadi oleh perwakilan Kementrian Perhubungan RI yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelabuhan Batam Dodi Triwahyudi bersama jajarannya serta manajemen PT Bandar Abadi, Kamis (10/9) siang.

Siapa berminat menjadi pelaut di kapal tol laut? (awe).