Angkasa Pura 2

Efektifkan Diklat Teknis Awak Kapal, KPLP Undang Praktisi dan Pabrikan

Dermaga SDMSenin, 14 Agustus 2017
IMG-20170814-WA0028

IMG-20170814-WA0031

BEKASI (Beritatrans.com) – Kasubdit Sarana dan Prasarana Dit KPLP, Ditjen Perhubungan Laut Dra. Sri Redjeki Budi Rahayu, MM mengatakan, pihaknya akan mengefektifkan  pelaksanaan Diklat Teknis Awak Kapal dan Perawatan Kapal KPLP di Indonesia.

“Keduanya akan digabung dengan menghadirkan pembicara baik dari Dit KPLP serta kalangan  profesional termasuk dari industri seperti Yamaha sebagai pabrikan kapal,”  kata Sri Redjeki usai pembukaan Diklat Teknis Awak Kapal KPLP di Bekasi, Senin (14/8/2017).

Dikatakan, kemampuan awak kapal KPLP di Indonesia mutlak harus terus di tingkatkan  kemampuan dan profesionalismenya terutama saat belayar melakukan patroli.

Di sisi lain, aku pejabat Ditjen Hubla itu, efisiensi anggaran juga dilakukan di seluruh sub sektor perhubungan laut.  Mereka juga harus bisa  melakukan perawatan kapal secara bersamaan

“Solusinya, kita akan menggabungkan dua diklat teknis yaitu awak kapal serta perawatan kapal patroli KPLP. Dengan begitu prosesnya lebih cepat dan juga memudahkan para peserta diklat,” jelas Sri Redjeki.

Seperti diketahui, Diklat Bimtek awak kapal KPLP ini menghadirkan para ahli dari Mahkamah Pelayaran seperti Capt. Carolus G.Sengaji, bahkan praktisi bidang KPLP dan mantan Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok Capt. Nafri, SH.

Gabung Dua Diklat

Setelah Diklat Bimbingan Teknis di Bekasi, papar Sri Redjeki masih ada diklat serupa di tiga tempat lain, yaitu Semarang, Makassar dan Medan. “Ke depan diklat keduanya sudah bisa digabung,” terang dia.

Seperti diketahui, Drektorat KPLP dan seluruh personel di lapangan harus bisa menjalankan tugas dengan baik.  Mereka harus siap melayani dan mengamankan wilayah laut Indonesia.

“Bisa mengoperasikan kapal untuk patroli sekaligus melakukan perawatan kapal dengan baik pula,” tandas Sri Redjeki.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari