Angkasa Pura 2

Kemenkominfo Dukung Langkah AP II Integrasikan Layanan di Bandara dengan TI

BandaraSenin, 14 Agustus 2017
IMG-20170725-WA0011

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan menuturkan, pihaknya sangat mendukung langkah PT Angkasa Pura (AP) II yang mengintegrasikan layanan di bandara melalui aplikasi berbasis digital.

“Kami sangat pendukung upaya dan langkah AP II,” ujar Samuel di Tangerang, Ahad (13/8/2017).

Sejak akhir tahun lalu, AP II fokus pada pengembangan soft infrastructure diantaranya dengan memperkuat sektor teknologi informasi (TI), di samping juga melakukan pembangunan infrastruktur secara fisik seperti terminal dan sebagainya.

Menurut Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin, pihaknya menggelar CGK Airport Code Race, sebagai bagian dari Start Up Grand Prix road to Liga Digital Indonesia yang digelar Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ketua Umum Mastel Kristiono mengatakan ajang CGK Airport Code Race diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatkan pelayanan melalui inovasi baru di bandara-bandara AP II khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sedangkan Ketua Umum APJII Jamalul Izza menuturkan CGK Airport Code Race dapat memperkaya aplikasi di Indonesia termasuk untuk ikut serta di Liga Digital Indonesia.

“Ke depannya, ajang Airport Hackathon: Airport Code Race ini juga akan diadakan untuk Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang (Sumut), dan Husein Sastranegara di Bandung (Jabar),” tutur Awal.

Dia juga menambahkan bahwa penyelenggaraan CGK Airport Code Race, diharapkan juga dapat menjembatani (bridging), memperkenalkan (chanelling), dan sebagai percepatan (accelerating) bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi untuk industri kebandarudaraan. (omy)