Angkasa Pura 2

Pengawasan Keselamatan Pelayaran Harus Konsisten Dilaksanakan

DermagaSenin, 14 Agustus 2017
IMG-20170814-WA0031

IMG-20170814-WA0020

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta Utara Capt. Sudiono menegaskan bahwa pengawasan keselamatan pelayaran harus konsisten dilaksanakan.

“Tugas Syahbandar dalam pengawasan dan penegakan ketentuan keselamatan kapal, tidaklah semakin ringan namun sebaliknya. Kapal yang berlayar diwajibkan memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal (sea worthiness),” jelas Sudiono di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Kata dia, nakhoda dan pemilik kapal juga tidak boleh mengabaikan ketentuan yang berlaku hanya demi untuk memeroleh keuntungan semata.

Oleh sebab itu, perlu peningkatan, pemahaman dan penyelarasan kinerja antar Syahbandar dan pengguna jasa bidang pelayaran. Persamaan pemahaman dituturkan Sudiono, dilaksanakan dalam mencapai keselamatan pelayaran dengan tujuan zero accident, terhadap seluruh kapal-kapal yang berlayar dari/menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

“Dengan begitu, maka tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kesyahbadaran Utama Tanjung Priok dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal,” papar dia.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan dan tugas Syahbandar, akhir pekan lalu dilakukan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran kepada aparat dan pemangku kepentingan terkait.

“Sosialisasi diikuti 140 peserta dan menghadirkan berbagai narasumber terkait,” ungkap Sudiono. (omy)