Angkasa Pura 2

Pengembangan TOD Perlu Sediakan Fasilitas Pendukung Transportasi

EmplasemenSelasa, 15 Agustus 2017
TOD_Tanjung_Barat

JAKARTA (beritatrans.com) – Pengembangan konsep Transit Oriented Development (TOD) harus mempertimbangkan penyediaan fasilitas untuk mendukung perpindahan moda transportasi.

“Perlu dipikirkan fasilitas pendukung transportasi seperti fasilitas pejalan kaki, fasilitas parkir untuk pengguna mobil, sepeda motor dan sepeda, serta fasilitas halte atau lay bay untuk perpindahan dengan angkutan umum lainnya,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai pelaksanaan Groundbreaking TOD Sentraland Tanjung Barat – Jakarta di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Menhub mengaku sangat mendukung pengembangan rumah susun (rusun) dengan konsep TOD pada simpul-simpul transportasi seperti di stasiun kereta api dan terminal khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Pengembangan TOD ini dalam rangka sinergi moda transportasi sehingga masyarakat merasa aman, nyaman, dan tidak mengalami kesulitan untuk perpindahan antar moda transportasi umum,” ujar Menhub.

Groundbreaking dilakukan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, Direktur Perumnas Bambang Triwibowo dan Direktur PT KAI Edi Sukmoro. (aliy)