Angkasa Pura 2

Terima Alokasi Dana Rp44,2 T, Ini Proyek Infrastruktur Sektor Perhubungan Tahun 2018

Bandara Emplasemen Kokpit KoridorRabu, 16 Agustus 2017
Jokowi Bugis2

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) dialokasikan anggaran sebesar Rp44,2 triliun naik 8,3 persen dari APBNP 2017 yang sebesar Rp40,8 triliun tahun 2017.

“Adapun melalui anggaran tersebut, Pemerintah menetapkan sejumlah sasaran pembangunan infrastruktur dalam RAPBN 2018,” kata Presiden Jokowi dalam pidato Kenegaraan di depan Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI, di Jakartam Rabu (16/8/2017).

Dikatakan, Pemerintah komit untuk meningkatkan konektivitas atas daerah sekaligus membangun kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk bidang konektivitas, sebut Presiden Jokowi, target pembangunan antara lain 865 km ruas jalan baru dan 25 km ruas jalan tol, serta bandar udara baru di 15 lokasi.

Untuk kereta api, pemerintah menargetkan pembangunan jalur kereta api sepanjang 639 km dan Light Rail Transit (LRT) sepanjang 23 km.

Kendati demikian, menurut Presiden Jokowi pemerintah tidak sepenuhnya bisa mengandalkan APBN sebagai sumber utama pembiayaan infrastruktur.

“Tahun depan, pemerintah tetap mencanangkan beberapa skema kerja sama salah satunya melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) melalui dukungan kelayakan viability gap fund (VGF),” terang mantan Walikota Surakarta itu.

“VGF akan diberikan kepada proyek infrastruktur yang dibangun dengan skema KPBU dan bertujuan meningkatkan kelayakan finansial proyek,” tegas Jokowi.(helmi)

loading...