Angkasa Pura 2

Achmad Wildan: Lawan Kemacetan Lalin Dengan Langkah Ekstrem

Koridor SDMKamis, 17 Agustus 2017
Jakarta Macet TJ

JAKARTA (Beritatrans.com) – Mengatasi masalah transportasi saat ini terutama kemacetan lalu lintas (lalin) yang kian menggila di Jakarta dan beberapa kota besar lain di Indonesia harus dengan langkah ekstrem.

“Lawan pertumbuhan kendaraan pribadi dengan program yang lebih ekstrem, menggelontorkan dana yang besar untuk program angkutan umum dan stop membuat jalan lagi,” kata Investigator KNKT Achmad Wildan kepada Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Ke depan, lanjut dosen senior STTD Bekasi itu, Pemerintah perlu membuatlah pedestrianitation yang baik. Terminal dan angkutan umum dibangun yang baik, bebas calo dan tidak kumuh. Dengan begitu, masyarakat bisa naik angkutan umum dengan aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Degan begitu, orang mau naik angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah atau paling tidak park ride. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum, baik KA, bus ke depan bisa dengan LRT dan lainnya,” jelas Wildan lagi.

Dia menambahkan, jangan melawan kemacetan dengan program lucu-lucuan seperti: membatasi umur kendaraan pribadi, membatasi kendaraan yang harganya mahal, nomor ganjil genap dan lainnya.

“Kebijakan seperti dengan membatasi kendaraan dengan nomor ganjil genap, three in one bahkan jalan berbayar yang digagas sejak lama juga tidak berjalan efektif sesuai tujuan,” sebut putra Tegal itu lagi.

“Kemacetan lalu lintas khususnya di Jakarta makin parah. Amgkutan umum makin buruk dan sebaliknya penggunaan kendaraan pribadi termasuk sepeda motor makin marak,” tandas Wildan.(helmi)