Angkasa Pura 2

Kapal Tanker Tabrakan Dengan Kapal Perang AS Di Pelabuhan Singapura, 10 Marinir Hilang

DermagaSenin, 21 Agustus 2017
2017-08-21 11.09.58

SINGAPURA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 10 anggota Angkatan Laut Amerika Serikat menghilang setelah kapal penghancur pembawa peluru kendalinya bertabrakan dengan kapal tanker pedagang di timur Singapura, dini hari Senin (21/8).

Peristiwa ini jadi kali kedua kali kapal AS mengalami kecelakaan dalam tiga bulan terakhir.

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS menyatakan kapal USS John S McCain itu bertabrakan dengan kapal pedagang Alnic MC dalam perjalanan menuju salah satu pelabuhan di Singapura. Tabrakan itu dilaporkan pada 5:24 waktu setempat.

2017-08-21 10.07.49

2017-08-21 10.08.08

Seorang pejabat AL mengatakan kepada CNN bahwa kapal tersebut mengalami kebocoran di berbagai tempat dan hanya memiliki tenaga listrik serta pendorong yang terbatas. Angkatan Laut juga mengatakan kapal itu mengandalkan tenaga sendiri untuk berlabuh.

Selain 10 pelaut yang hilang, dinyatakan pula ada lima orang lain yang menderita luka-luka akibat tabrakan.

Upaya pencarian dan penyelamatan sudah berlangsung menggunakan helikopter dan pesawat Marinir Osprey dari kapal serbu amfibi USS America.

Kapal-kapal dan helikopter Singapura juga telah menanggapi kejadian ini, menurut pernyataan tersebut.

peta tabrakan

Laporan awal mengindikasikan kapal Amerika itu mengalami kerusakan di sisi kirinya. Sementara status kapal tanker yang terlibat dalam kecelakaan ini tidak dijelaskan oleh AL.

Sejumlah laman perdagangan perairan menjelaskan bahwa kapal Alnic MC adalah sebuah kapal tanker seberat 30 ribu ton dengan panjang 183 meter. Kapal itu membawa bendera Liberia.

Sementara USS McCain adalah kapal dengan bobot 9.000 ton sepanjang 153 meter. Kapal ini berbasis di Yokosuka, Jepang.

TABRAKAN DI JEPANG
Ini adalah tabrakan kedua yang melibatkan kapal Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika di Pasifik dalam dua bulan terakhir. Juni lalu tujuh pelaut meninggal ketika kapal USS Fitzgerald menabrak kapal kontainer di perairan lepas pantai Jepang.

Kapten kapal USS Fitzgeralt itu dibebastugaskan dan sejumlah pelaut dihukum setelah Angkatan Laut Amerika mendapati bahwa kecerobohan telah menjadi salah satu unsur terjadinya kecelakaan itu.

Investigasi tentang bagaimana dan mengapa USS Fitzgerald bisa menabrak kapal itu belum selesai, namun ada banyak rincian yang sudah diketahui terkait tabrakan itu, demikian penjelasan awal pihak Angkatan Laut.

Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika yang berbasis di Jepang mengatakan USS John S. McCain sedang menuju ke Singapura untuk melakukan kunjungan rutin ke pelabuhan. Pangkalan kapal itu adalah di pelabuhan Yokosuka, Jepang. (bon).