Angkasa Pura 2

Gubernur AAL Arahkan 104 Taruna Sebelum Praktik Layar

Hankam SDMSelasa, 22 Agustus 2017
2017-08-22 21.46.05

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., memberikan pengarahan kepada 104 Taruna/Taruni AAL Tingkat II angkatan ke-65 yang akan berangkat melaksanakan latihan dan praktik pelayaran Prajalasesya, di gedung Salahutu, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (22/8).

Pada kesempatan tersebut, hadir sejumlah pejabat utama, para pelatih, dan pengasuh Taruna AAL.

Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., dalam arahannya menekankan kepada para Taruna serta pelatih dan pengasuh agar senantiasa memperhatikan faktor keamanan, memeriksa seluruh peralatan dan kebutuhan selama pelayaran, utamakan faktor keamanan dalam setiap kegiatan.

Pelayaran Prajalasesya merupakan pelayaran perdana bagi para Taruna Tingkat II AAL sebelum penentuan Korps. Pelayaran ini  bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa bahari serta membina kemampuan fisik.

Selain itu, juga memperkenalkan, mengetahui, dan menghayati tata cara kehidupan di laut agar memiliki daya tahan fisik dan mental sesuai dengan tuntutan kebutuhan sebagai prajurit matra laut.

Setelah mendapatkan pengarahan, para Taruna dan Taruni Tingkat II  AAL tersebut akan berangkat berlayar pertama kalinya dengan menggunakan KRI Dewaruci yang akan dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur AAL Kolonel Marinir Suhono di dermaga Madura Koarmatim Ujung, Surabaya.

Pelayaran selama tujuh hari mulai tanggal 23 hingga 29 Agustus 2017 ini akan menempuh rute Surabaya – Cirebon – Tegal dan kembali ke Surabaya. Selama singgah di kota-kota yang dilalui, mereka akan melaksanakan kunjungan kepada pejabat setempat dan ke sekolah-sekolah. (agus w).