Angkasa Pura 2

Kapal Munirah Kandas Diduga Akibat Nakhoda Tak Berpengalaman

DermagaSelasa, 22 Agustus 2017
IMG-20170821-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kapal cepat KM Munirah yang karam di Karang Lebar, sebelah barat Pulau Karya di wilayah utara Kepulauan Seribu pada Minggu (20/8/2017) disebut dalam keadaan baik dan layak berlayar.

Hal itu disampaikan Kepala Sektor Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Nugroho Dwi Utomo saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/8/2017).

Meski dalam kondisi baik dan layak berlayar, Nugroho menduga KM Munir AH tidak dikemudikan nakhoda yang berpengalaman melewati perairan Kepulauan Seribu.

“Kalau kapal layak, tetapi mungkin karena nakhoda tidak memerhatikan rambu-rambu yang ada dan jarang atau baru melalui jalur di Kepulauan Seribu,” katanya.

Nugroho menambahkan, karena kapal yang digunakan merupakan kapal sewaan maka sang nakhoda bukan berasal dari kapal cepat reguler.

“Kalau nahkoda kapal speedboat reguler yang dari Marina tidak pernah kejadian seperti itu,” Nugroho menegaskan.

Kapal cepat berpenumpang 12 warga negara (WN) China yang berlayar dari Pulau Bintang ke Pulau Keramba menabrak karang yang menyebabkan lambung kapal bocor.

Satuan pemadam kebakaran segera mengevakuasi para korban ke pos Pulau Karya dan menarik kapal yang karam itu ke Pulau Pramuka. (ani).

Sumber: kompas.com

Foto: hendrata