Angkasa Pura 2

Kemhub Taat Azas Putusan MA Tentang Uji Materi PM 26/2017 Angkutan Daring

KoridorSelasa, 22 Agustus 2017
IMG_20170104_095604

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan telah menerima salinan putusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia dengan nomor: 37 P/HUM/2017 tentang Uji Materi terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunimasi dan Informasi Publik Kemhub, Hengki Angkasawan, Kemenhub akan taat azas dalam menyikapi putusan MA tersebut.

“Selanjutnya, Kemhub akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan mencari upaya agar putusan MA tersebut tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari,” jelas Hengki di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Kemhub juga akan berkoordinasi dengan semua pihak guna menyusun penataan yang terbaik, dapat memberi ruang yang sama pada semua operator transportasi, khususnya di bidang angkutan jalan.

Hengki juga mengingatkan bahwa dalam menyelenggarakan usaha angkutan umum, harus juga mengacu pada kemaslahatan masyarakat, yang dalam hal ini pemerintah mengatur ketertiban, kesetaraan dan keseimbangannya.

Seperti diketahui, MA memutuskan bahwa 14 poin PM No. 26 Tahun 2017 bertentangan dengan peraturan perundangan yang lebih tinggi sehingga harus dicabut.

Sebelumnya, enam orang pengemudi angkutan sewa khusus menyatakan keberatan dan mengajukan permohonan hak uji materiil terhadap sejumlah pasal dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. (omy)