Angkasa Pura 2

Bangun KA Semi Cepat Jakarta-Surabaya, 900 Pintu Perlintasan Sebidang Ditutup

Emplasemen KoridorRabu, 23 Agustus 2017
8395|188FAEA3-5056-A510-530E5DA5149B993F

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pembangunan proyek kereta api (KA) semi cepat Jakarta – Surabaya, akan dimulai tahun 2018. Implikasi akan dilakukan penutupan 900 lintasan sebidang tersebut.

Kementerian Perhubungan (Kemhub) mencatat di Pulau Jawa total terdapat 4.302 perlintasan sebidang yang terdiri dari 969 perlintasan dijaga, 2.923 perlintasan tidak dijaga, dan 410 perlintasan liar.

Di Pulau Sumatera sendiri Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mencatat terdapat total 909 perlintasan sebidang.

“Dalam studi yang kita lakukan untuk KA semi cepat Jakarta – Surabaya kita harus menyelesaikan 900 lintasan sebidang tersebut. Sedangkan lintasan KA yang liar otomatis kita hilangkan begitu saja,” ujar Menhub di Jakarta, kemarin.

Selain KA semi cepat Jakarta – Surabaya penutupan perlintasan sebidang ini juga dilakukan untuk mendukung rencana pembangunan jalur lingkar kereta api (loopline). Dengan adanya dua program ini Menhub menyakini akan dapat mengurangi perlintasan sebidang.

Dikatakan Menhub untuk pembangunan loopline diperlukan investasi kurang dari 10 triliun dimana pembiayaannya dilakukan secara kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ditambahkan Menhub, rencananya pembangunan loopline ini akan dimulai pada akhir 2018.

Begitupun dengan pembangunan kereta semi cepat Jakarta – Surabaya juga akan dimulai pada 2018. Turut hadir dalam kegiatan diskusi tersebut Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam, Anggota Ombudsman RI Alvin Lie.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, serta sejumlah stakeholder transportasi seperti dari PT KAI, Dinas Perhubungan Provinisi DKI Jakarta Organda, Masyarakat Perkeretaapian Indonesia, komunitas kereta, hingga penjaga perlintasan kereta api.(helmi)