Angkasa Pura 2

Bimtek Manajemen Keselamatan Kapal Digelar Ditjen Hubla

DermagaRabu, 23 Agustus 2017
IMG-20170823-WA0053

IMG-20170823-WA0054

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran di seluruh perairan Indonesia, khususnya terkait dengan menajemen keselamatan kapal digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Bimtek yang dibuka oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan (Dirkapel) Capt. Rudiana berlangsung selama tiga hari hingga 25 Agustus 2017 dan diikuti 60 orang peserta yang berasal perwakilan dari Ditkapel dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: HK.103/1/16/DJPL-16 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Audit Manajemen Keselamatan Kapal, pembinaan dan penyegaran terhadap auditor sistem manajemen keselamatan dilakukan dengan pelatihan internal secara berkala berupa bimbingan teknis,” jelas Rudiana di Bandung, Rabu (23/8/2017).

Disebutkannya, pelaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan profesionalitas SDM di bidang manajemen keselamatan kapal.

“Tanpa tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualifikasi pengetahuan yang memadai, maka penerapan manajemen keselamatan kapal tidak mungkin dapat dilakukan dengan baik,” tegas Rudiana.

Dia mengatakan bahwa berdasarkan berbagai konvensi internasional di bidang maritim serta Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 dan seluruh peraturan pelaksanaannya, setiap kapal yang beroperasi di perairan Indonesia wajib memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal.

Selain itu, pemilik atau operator yang mengoperasikan kapal untuk jenis dan ukuran tertentu harus memenuhi persyaratan manajemen keselamatan dan pencegahan pencemaran dari kapal.

“Artinya, pencegahan pencemaran dari kapal senantiasa terintegrasi dengan manajemen keselamatan sebagai suatu upaya atau tindakan preventif untuk melindungi lingkungan maritim Indonesia,” imbuh Rudiana. (omy)

loading...