Angkasa Pura 2

Poltekpel Gelar Diklat BST KLM Untuk Nelayan Juwana Pati

SDMRabu, 23 Agustus 2017
Poltekpel BST KLM

SURABAYA (Beritatrans.com) – Diklat BST Kapal Layar Motor (KLM) kembali digelar di kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Jawa Timur. Diklat akan dilaksanakan selama tiga hari sampai Kamis, besok.

Diklat tersebut dimaksudkan untuk membekali para nelayan bisa menghindari atau menyelamatkan diri saat terjadi kondisi darurat atau bahaya.

Diklat BST KLM itu dibuka oleh Kasubag Akademik Politeknik Pelayaran Surabaya R. Novi Andri Setiawan, S.Si.T, M.Pd dengan peserta sejumlah 63 orang dari Nelayan di daerah Juwana, pati Jawa Tengah.

Kegiatan diklat berlangsung selama 3 hari mulai hari Selasa (22/08/2017) sampai Kamis (24/08/2017). Seluruh rangkaian kegiatan Diklat BST KLM dilakukan di kampus Poltekpel Surabaya, Jalan Gunung Anyar No.1 Surabaya, Jawa Timur.

Diklat SBT KLM sudah dilakukan beberapa kali di kampus Poltekpel Surabaya. Pesertanya juga beragam, seperti dari Madura, Kangean, Rote Ndao dan yang sekarang yang sedang berjalan dari Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Sebelumnya, telah terjad dua kali kebekaran pada kapal nelayan di Pelabuhan Juwana, Pati. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun puluhan kapal rusak bahkan hangus dilalap api.

Melalui pembekalan dan Diklat BST KLM, diharapkan bisa membekali para nelayan untuk mencegah paling tidak bisa bertindak dengan cepat dan tepat saat terjadi bahaya, seperti kebaran.

Dengan begitu bisa mencegah jatuhnya korban, bahkan menghindari jangan sampai kasus itu kembali terjadi.(helmi)