Angkasa Pura 2

Masih Banyak Kecelakaan Timbul Karena Kurangnya Audit Keselamatan Kapal

DermagaRabu, 23 Agustus 2017
IMG-20170823-WA0054

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Menurut Direktur Perkapalan dan Kepelautan (Dirkapel) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Rudiana, saat ini sering timbul kecelakaan kapal yang diakibatkan oleh kurangnya pelaksanaan audit manajemen keselamatan kapal.

“Penegakkan ketentuan di bidang manajemen keselamatan kapal semakin berat, mengingat luasnya wilayah perairan Indonesia yang memerlukan pengawasan maupun karena perkembangan di bidang teknologi perkapalan yang semakin pesat yang ditandai dengan pengoperasian berbagai tipe kapal dengan peralatan yang semakin modern,” urai Rudiana di Bandung, Rabu (23/8/2017).

Kondisi tersebut kata dia, semakin diperberat dengan adanya kecenderungan pemilik kapal atau nakhoda yang sengaja maupun tidak sengaja mengabaikan ketentuan yang berlaku hanya untuk memeroleh keuntungan semata.

“Bahkan tidak segan-segan menggunakan segala cara untuk mengabaikan kelaiklautan kapal,” ujarnya.

Kondisi ini hendaknya menyadarkan kita semua bahwa tugas dan tanggung jawab seorang Auditor ISM Code dan pejabat pemeriksa keselamatan pelayaran dalam menangani manajemen keselamatan kapal saat ini semakin berat dan penuh dengan tantangan.

“Seorang Auditor ISM Code dan pejabat pemeriksa keselamatan pelayaran harus mampu mengemban amanah ini untuk menunjukkan profesionalitas kinerjanya sebagai regulator dengan senantiasa berpedoman pada ketentuan yang berlaku, memiliki kompetensi yang memadai, dan senantiasa beradaptasi dengan perkembangan yang ada,” pungkas Rudiana.
(omy)

loading...