Angkasa Pura 2

Pelabuhan Pomako Timika Butuh Dernaga Baru

DermagaRabu, 23 Agustus 2017
2270431841

TIMIKA (BeritaTrans.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta agar Pelabuhan Pomako, Timika, Papua segara diperbaiki. Hal itu ia sampaikan saat berkunjung ke Kota Timika.

“Keadaan pelabuhan sudah tidak memadai,” ujarnya kepada awak media di Timika, Papua, Rabu (23/8/2017).

Rini menilai pelabuhan yang menjadi pintu masuk barang-barang logistik dari luar Papua itu, perlu perluasan area. Sebab area saat ini dinilai tak lagi mampu menampung peti kemas yang ada.

Selain itu, Rini juga meminta agar pengelola pelabuhan untuk segera membangun dermaga baru. Hal ini penting melihat adanya potensi lebih banyak kapal datang membawa logistik untuk kebutuhan masyarakat Papua.

Sejauh ini Rini sudah mendapatkan laporan dari Kepala Pelabuhan Pomako terkait adanya persoalan lahan di area pelabuhan. Ia harap prosesnya yang sudah ada di pengadilan segara bisa diselesaikan.

“Kami (BUMN) juga akan menurunkan biaya logistik dari pangan. Akan banyak barang yang kita kirimkan melalui Timika. Tapi seperti yang dilihat diCsini, keadaan pelabuhan sudah tidak memadai,” kata Rini.

Rencananya, Pelabuhan Pomako Timika akan dijadikan pelabuhan utama pengiriman barang ke Papua oleh beberapa BUMN. (via).

Sumber dan foto: kompas.com