Angkasa Pura 2

3 Dimensi Perkuat Reformasi Birokrasi Pemerintahan

SDMKamis, 24 Agustus 2017
IMG-20170824-WA0037

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ada tiga dimensi disusun untuk memperkuat reformasi birokrasi Pemerintahan melalui perubahan yang terencana.

“Tiga dimensi itu adalah Dimensi Pembangunan Manusia, yang meliputi: pendidikan, kesehatan, perumahan, dan mental/karakter. Dimensi Pembangunan Sektor Unggulan, yang meliputi kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, kemaritiman dan kelautan, serta pariwisata dan industri dan ketiga Dimensi Pemerataan dan Kewilayahan, yang meliputi antarkelompok pendapatan, antarwilayah desa, pinggiran, luar Jawa, dan Kawasan Timur,” urai Sekretaris Itjen Kemhub Bambang Sudaryono di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Tahun 2017 disebutkan dia. merupakan tahap ketiga pelaksanaan Road Map Reformasi Birokrasi (RB) yang berakhir nanti pada tahun 2019. Agenda pemerintah dalam tahapan ini untuk memperkuat reformasi birokrasi pemerintahan melalui perubahan yang terencana.

“Pada tahun 2019 diharapkan melalui reformasi birokrasi pemerintah sudah beranjak ke tahapan pemerintahan yang berbasis kinerja dan pada tahun 2025 diharapkan pemerintahan sudah beranjak pada tatanan pemerintahan yang dinamis,” ungkapnya.

Tolak ukur keberhasilan Reformasi Birokrasi ditinjau dari tiga sasaran yakni birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efesien, dan birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

“Untuk mewujudkan ketiga sasaran reformasi birokrasi tersebut, ditetapkan area-area perubahan birokrasinya,” imbuh Bambang.

Hal itu antara lain adalah mental aparatur, penguatan pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, SDM Aparatur, eraturan perudang-undangan, dan pelayanan Publik.

Penilaian unit kerja dengan kinerja terbaik berada dalam sub kegiatan area ke-2 perubahan RB. Area perubahan tersebut atau arean yang disebut penguatan pengawasan memiliki enam kegiatan yang menjadi prioritas nasional, salah satu kegiatan tersebut adalah pembangunan berpredikat WBK dan WBBM di seluruh Instansi Pemerintah. (omy)

loading...