Angkasa Pura 2

Diduga Nyolong Di KA Purwojaya, Pria Ini Dipajang Di Stasiun

EmplasemenKamis, 24 Agustus 2017
pencuri di kereta

PURWOKERTO (BeritaTrans.com) – Petugas pengawal dan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) menangkap tangan Sugeng Bagio (61), penumpang asal Kampung Bojong Rangkong, Kecamatan Jakarta Timur, Kamis (24/8/2017).

Ia ditangkap saat diduga tengah mencuri tas milik penumpang lain di atas Kereta Eksekutif Purwojaya, Kamis (24/8/2017).

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sebelum menangkap pelaku, sejumlah petugas sudah mencurigai gerak-gerik pelaku yang beberapa kali mondar-mandir di beberapa gerbong.

“Pelaku pura-pura ke toilet. Saat berjalan menuju tempat duduknya, dengan cepat dia menyaut tas milik penumpang lain yang berada di atas kap barang tempat duduknya,” katanya.

Mendapati tindakan tersebut, petugas pengawal dan kondektur langsung menangkap pelaku dan menurunkannya di Stasiun Purwokerto.

Dari hasil interogasi, Sugeng yang sehari-hari berprofesi sebagai sopir tembak Angkot wilayah Jakarta Timur ini mengakui perbuatannya.

Petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa KTP dan SIM palsu, dua buah obeng, dan 10 buah chip kartu memori yang diduga milik sejumlah korban.

Selain itu, pelaku membawa tiga buah buku folio yang biasa digunakan untuk mengganti laptop yang dicuri ke dalam tas korban.

“Pelaku juga mengantongi ajimat yang berisi sisik Penyu, bunga kantil, mata uang kuno. Menurut pelaku, ajimat itu buat pengasihan, biar tidak diketahui saat mencuri,” jelas Ixfan.

Saat ini pelaku masih diamankan di Stasiun Purwokerto untuk dimintai keterangan.

Sembari menunggu polisi, petugas stasiun berinisiatif untuk mengarak sekaligus memajang pelaku yang bertelanjang dada dan memakai tag nama “Saya Pencuri di KA Purwojaya” tepat di depan pintu boarding Stasiun Purwokerto.

“Selain proses hukum, kami juga pajang pelaku di depan pintu boarding Stasiun Purwokerto untuk memperlihatkan kepada penumpang lain sekaligus sebagai sanksi moral biar memberikan efek jera,” ucapnya. (lia).

Sumber dan foto: kompas.com

loading...