Angkasa Pura 2

Perlancar Mudik Idul Adha, Menteri PUPR: H-2 Pekerjaan Di Samping Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

Aksi Polisi KoridorJumat, 25 Agustus 2017
images-1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) komit mendukung pelaksanaaan dan pelayanan mudik menjelang Idul Adha 2017. Infrastruktur terutama jalan tol dan jalan nasional disiapkan untuk melayani warga yang akan merayakan Idul Adha  dan menunaikan qurban di kampung  halaman.

“Untuk mendukung kelancaran lalu lintas khususnya di ruas tol Jakarta-Cikampek pada H-2 hingga H+1 ldul Adha 2027 pekerjaan proyek ruas tol tersebut dihentikan sementara,” kata Menteri PUPR   Basuki Hadimuljono di Jakarta.

Dikatakan, mulai H-2  Idul Adha pekerjaan proyek di (ruas tol) Jakarta-Cikampek yang memakan lajur jalan dihentikan. Semua ini sudah kami sepakati untuk dihentikan semua H-2 sd H+1 sehingga mudah-mudahan bisa membantu sedikit.

Basuk menyebutkan jalan darurat Brebes – Gringsing saat ini sedang ditutup total agar pada Lebaran tahun depan sudah dapat difungsikan sepenuhnya.  “Akan tetapi,  untuk 4 flyover dari Pejagan hingga Purwokerto sudah dapat dilalui 100%,” papar Basuki.

Titik Krisial Brexit

Sementara Menhub  Budi Karya Sumadi menyebutkan, ada beberapa titik kritis kemacetan  menjelang mudik Idul Adha mendatang. Namun dengan persiapan yang baik serta  sinergi semua pihak, Pemerintah optimis mudik Idul Adha akan berjalan lancar.

“Titik krusial memang ada di Brebes Exit Tol (Brexit) karena Gringsing tidak dioperasikan jadi kita akan bicara detail dengan Polda Jawa Tengah berkaitan dengan manajemen lalu lintas keluar Brexit dan ke selatan sehingga konsentrasi lalu lintas ke utara dan selatan itu akan lebih banyak dari pada saat Lebaran,” jelas Menhub.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebut, Mabes Polri bersama pihak terkait menyiapkan antisipasi   untuk mengantisipasi arus mudik dan balik pada libur panjang Idul Adha.

Diakui Kapolri memang ada bebebrapa permasalahan yang perlu ditangani yang agak sedikit berbeda dengan pola pengamanan pada saat Idul Fitri.  

“Terutama untuk arus mudik dan arus balik ini untuk tol dari Brebes – Gringsing saat ini dalam tahap perbaikan sehingga tidak bisa dipakai oleh karena itu perlu ada rekayasa lalu lintas,” tandas Kapolri Tito.(helmi)

loading...