Angkasa Pura 2

LRT Cibubur-Bogor Dibangun Tahun 2018 & Kelar 2020

EmplasemenMinggu, 27 Agustus 2017
map of LRT Station Jakarta Bogor Cibubur Bekasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah saat ini tengah membahas pembangunan light rail transit (LRT) Jabodebek tahap II Cibubur-Bogor.

Rencana pembangunan tersebut saat ini telah memasuki penghitungan dana yang dibutuhkan.

“Sekaligus sekarang kami laporkan kepada publik, PT Adhi Karya ini sudah mulai menghitung perencanaan LRT dari Cibubur ke Bogor. Ini akan memperpanjang LRT dari 43 kilometer menjadi 70 kilometer seluruhnya,” ujar Menko Luhut di ruas Tol Cibubur, kemarin.

Pembangunan LRT tahap II dengan jalur Cibubur-Bogor tersebut, diprediksi akan selesai pada 2020. Perencanaan pendanaan akan diselesaikan tahun ini kemudian tahun depan (2018). akan memasuki tahap konstruksi.

“Itu saya dengar perencanaannya selesai tahun ini dan sehingga ini nanti berjalan tahun depan, langsung bisa dimulai construction untuk Cibubur-Bogor. Nah itu akan selesai kita harapkan di 2020,” jelasnya seperto dikutip merdeka.com.

Menko Luhut menambahkan berkaca dari pembangunan LRT tahap I, pembangunan LRT tahap II akan jauh lebih murah. Sebab, jalur lintasan LRT sebagian besar akan berada di bawah.

“Berangkat dari pengalaman ini (tahap pertama) kami lihat efisiensi banyak bisa dilakukan. Nanti hampir semua (jalur) Cibubur-Bogor itu di bawah sehingga cost kita jauh lebih murah,” jelasnya.

Sama seperti pembangunan LRT tahap I, pemerintah masih akan menggandeng perbankan untuk pendanaan pembangunan LRT tahap II. “Ini sudah sangat komersial sekarang. Karena project IRR sudah bisa double digit sehingga bankable. Nah, akibatnya private sector sudah bisa masuk. Seperti dari BRI, BNI, Mandiri, BTN tambah sekarang BCA, CIMB niaga dan juga PT SMI,” pungkasnya. (lia).