Angkasa Pura 2

Pemerintah Luncurkan “Rumah Kita” Untuk Efisiensi Biaya Logistik

DermagaMinggu, 27 Agustus 2017
Rute Tol Laut

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pelaksanaan program Tol Laut yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disusul dengan pembangunan Rumah Kita.

Rumah Kita merupakan tempat penampungan barang-barang kebutuhan masyarakat yang dibawa kapal tol laut ke daerah yang disinggahi di seluruh Indonesia.

Seperti dilansir akun @kemenhub151, “Di Rumah Kita, kapal tol laut tersebut bisa menurunkan muatan sekaligus mendapat muatan baru untuk dibawa pulang,” katanya seperti dikutip Beritatrans.com, Minggu (27/8/2017).

Ruah Kita merupakan terobosan ini merupakan wujud komitmen pemerintahan Presiden Jokowi yang selaras dengan agenda Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Caranya dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Biaya Logistik Efisien

Dengan begitu biaya logistik jadi makin efisien. Sejumlah daerah di kawasan timur Indonesia yang disinggahi kapal tol laut, dipilih sebagai tempat pendirian Rumah Kita.

Setiap Rumah Kita, dikelola oleh penanggung jawab yang bertugas. Menyiapkan rencana kerja dan fasilitas yang dibutuhkan untuk program tersebut.

Selain itu, penanggung jawab juga menjalin koordinasi dengan Pemerintah Daerah serta stakeholders terkait mengenai kebutuhan barang dan pendistribusiannya di wilayah yang didiami rumah kita.

Pengoperasian Rumah Kita diharapkan mampu menyelesaikan disparitas harga kebutuhan pokok masyarakat. Melalui program ini, berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat dapat dijangkau dengan biaya lebih rendah, serta meningkatkan perekonomian daerah.(helmi)

loading...