Angkasa Pura 2

Taruna LLU STPI Jalani Praktik CPP di Simulator B-737-800

Kokpit SDMSenin, 28 Agustus 2017
Taruna CPP

CURUG (Beritatrans.com) – Taruna Program Studi (Prodi) Lalu Lintas Udara (LLU) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) melakukan Praktik Cock Pit Procedure (CPP) di Simulator Boeing 737-800 kompleks STPI Curug.

Selama praktik CPP, para taruna akan dibimbing dan diawasi oleh instruktur di simulator yang dimaksud. Para instruktur inilah yang akan memberikan informasi secara lengkap dan menyeluruh mengenai panel-panel serta fungsinya di dalam kock pit saat masih di landasan atau saat di penerbangan nanti.

Praktik CPP itu dimaksudakn untuk melengkapi dan memantapkan pengetahuan taruna dengan pengalaman praktis di simulator. Alumni LLU ke depan akan menjadi seorang air traffic controller (ATC) yang akan berkomunikasi dengan pilot baik menjelang take off atau landing.

Oleh karena itu, taruna LLU yang nota bene calon ATC harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman praktis di pesawat terutama fasilitas dan perlatan di dalam kock pit atau ruang kemudi pesawat.

Dengan pengetahuan dan pengalaman praktis melalui praktik CPP, diharapkan taruna LLU benar-benar siap baik teori atau praktik paktis di dalam kock pit.

Saat mereka bekerja sebagai ATC, mereka akan lebih mudah berkomunikasi dengan para pilot atau co pilot saat menjalankan tugasnya di lapangan.(helmi)

loading...