Angkasa Pura 2

Badan Litbang Umumkan 81 Peserta Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Regional

LitbangSelasa, 29 Agustus 2017
Lomba_Penelitian_2017

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Perhubungan mengumumkan 81 peserta Lomba Penelitian Transportasi 2017 untuk tingkat regional. Para peserta yang lolos seleksi awal dan berhak mengikuti seleksi di tingkat regional yang dibagi kedalam 10 wilayah.

“Seleksi peserta untuk lomba di tingkat regional sudah dilakukan sejak 22 hingga 27 Agustus 2017,” kata Kepala Bagian Humas Badan Litbang Perhubungan Rosita Sinaga kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Rosita mengatakan, lomba penelitian yang tahun ini mengambil tema “Melalui Inovasi , Kita Ciptakan PerkeretaapianNasional yang Andal, Selamat, Efisien, dan Nyaman,” berhasil menjaring 220 naskah peserta lomba. Terdiri dari 171 naskah peserta lomba kategori SLTA – S1 dan 49 naskah peserta lomba kategori S2 – S3.

Seleksi naskah penelitian untuk tingkat regional terbagi dalam 10 wilayah yaitu DKI Jakarta (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat); Palembang (Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung); Surabaya (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur); Medan (Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi); Pontianak (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur); Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara); Manado (Sulawesi Utara dan Gorontalo); Ambon (Maluku dan Maluku Utara); Jayapura (Papua dan Papua Barat); dan Yogyakarta (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta).

Dari 10 regional ini masing-masing dipilih juara I, II, dan III yang akan diseleksi kembali pada lomba tingkat nasional di Jakarta. Mereka akan memperebutkan piala “Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award” dan hadiah-hadiah lainnya, termasuk uang tunai dan educational trip ke Kota Beijing, China.

“Penyerahan piala Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award rencananya akan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan pada 18 Oktober 2017 mendatang,” kata Rosita.

Lomba penelitian transportasi yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Perhubungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Tahun ini, lomba penelitian tersebut diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 30 Maret lalu.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan minta agar Badan Litbang Perhubungan sebagai bagian penting dari Kementerian Perhubungan agar mengakomodasi pengembangan teknologi transportasi.

“Lomba penelitian transportasi ini sendiri diselenggarakan dengan tujuan menyediakan wadah bagi ide-ide dan kreativitas masyarakat untuk menjawab pemasalahan transportasi yang ada saat ini, khususnya transportasi perkeretaapian. Dan diharapkan dapat memberikan dalam merumuskan suatu kebijakan,” ujar Rosita. (aliy)

loading...