Angkasa Pura 2

Kemhub Siapkan Tenaga Ahli Penyusun Andalalin

KoridorRabu, 30 Agustus 2017
IMG-20170830-WA0038

IMG-20170830-WA0041

BOGOR (BeritaTrans.com) – Lantaran masih banyaknya kebutuhan tenaga ahli penyusun Analisis Dampak Lalu Lintas (andalalin) seiring dengan pertumbuhan pusat-pusat kegiatan, Kementerian Perhubungan cq Ditjen Perhubungan Darat menyiapkannya melalui kegiatan Sertifikasi.

“Tingginya angka pertumbuhan suatu pusat kegiatan saat ini, tidak berbanding lurus dengan jumlah Tenaga ahli penyusunan andalalin yang berdampak pada banyaknya bangunan berdiri tanpa dilengkapi dokomen andalalin,” tegas Kepala Sub Direktorat Analisis Dampak Lalu Lintas Handa Lesmana yang mewakili Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Pandu Yunianto, saat membuka Kegiatan Sertifikasi Penyusun Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) di Bogor, Rabu (30/8/2017).

Hal itu terlihat pada pusat perbelanjaan, lokasi wisata baru, maupun kawasan pemukiman yang terus berkembang menimbulkan masalah baru bagi kegiatan berlalu lintas di pusat kegiatan yang sedang dikembangkan.

Untuk itu digelar kegiatan Sertifikasi tenaga ahli andalalin yang berlangsung selama tiga hari 29-31 Agustus 2017 dan dihadiri 49 peserta untuk meningkatkan jumlah Tenaga ahli andalalin.

“Transportasi yang aman, nyaman dan lancar menjadi harapan masyarakat banyak dalam melakukan kegiatan transportasi, untuk itu pelaksanaan andalalin harus dilaksanakan,” tutur dia.

Diharapkan, hasil kegiataan ini mampu memberikan manfaat bagi konsultan transportasi baik di pusat maupun di daerah, dalam rangka mewujudkan pengembangan sistem transportasi dan tata guna lahan dalam satu kesatuan sistem.

“Sehingga mampu memberikan pelayanan transportasi bagi masyarakat khususnya para pengembang dan pembangun,” imbuh Handa.

Seperti diketahui, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas, setiap rencana pengembangan/pembangunan pusat kegiatan, pemukiman, dan Infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wajib dilakukan Analisis Dampak Lalu Lintas (andalalin).

Untuk pelaksanaan andalalin tersebut, perlu tenaga ahli penyusun yang bertugas menyusun dokumen hasil andalalin yang disampaikan oleh Pengembang atau Pembangun. (omy)