Angkasa Pura 2

Menhub: Jalur KA Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung Direaktifasi

EmplasemenRabu, 30 Agustus 2017
menteri-perhubungan-budi-karya-sumadi-menggendong-bayi-dari-calon-penumpang-kereta-api_20170414_175654

SUKABUMI (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya mengemukakan reaktifasi jalur kereta api mulai dari Bogor-Sukabumi-Cianjur hingga Bandung segera direaktifasi

Reaktifasi tahap pertama, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu mengutarakan diharapkan selesai pada 2018.

Kemudian tahap kedua akan membangun jalur ganda (dua lintasan) kereta api dari Bogor hingga Sukabumi yang ditargetkan selesai pada 2019.

Kemudian tahap ketiga pada 2020 mulai dilakukan elektrifikasi dari Bogor ke Sukabumi yang diikuti jalur ganda Sukabumi-Bandung.

Dia memgharapkan reaktifasi dan pembenahan jalur kereta Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung ini bisa meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta.

Selain itu, juga untuk pengalihan angkutan barang ke kereta api sehingga diharapkan bisa menanggulangi kemacetan yang ada di jalur Sukabumi hingga Bogor maupun Sukabumi-Bandung.

“Kami juga berharap progam peningkatan jalur kereta ini penyelesaian pembangunannya bisa berbarengan dengan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi,” katanya di Sukabumi, Rabu (30/8).

Budi mengatakan, proses perbaikan jalur dari Bogor hingga Bandung ini akan dimulai tahun depan atau 2018. Saat ini jalur kereta Cianjur-Bandung belum ada sehingga pembangunannya akan berbarengan pada tahun depan. (omy).

Foto: ilustrasi

loading...