Angkasa Pura 2

Kemhub Siapkan Pembangunan Rel Ganda Bogor-Sukabumi

Emplasemen KoridorKamis, 31 Agustus 2017
IMG_20170831_110813

IMG-20170831-WA0037

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan menyiapkan pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi dengan anggaran sekitar Rp40 miliar pada tahun 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa saat ini kondisi kereta api Bogor-Sukabumi masih dilayani satu lajur dengan angkutan penumpang tiga kali sehari.

“Bila melihat kondisi jalan dimana rute Bogor-Sukabumi selama hingga lima jam, maka angkutan kereta api bisa diandalkan,” ujar Menhub kepada BeritaTrans.com, Kamis (31/8/2017).

Untuk itu pihaknya mendorong agar angkutan logistik memanfaatkan jalur kereta api untuk mengurangi beban jalan yang sudah sangat berat di jalur Bogor-Sukabumi.

Dengan jalur kereta api Bogor-Sukabumi akan ditingkatkan menjadi rel ganda, maka akan meningkatkan layanan. Selain itu, juga akan disediakan sarana kereta yang lebih baik, agar kelas menengah mau berpindah ke angkutan kereta api.

Namun begitu, dia mengakui, keterbatasan prasarana, banyaknya tikungan, dan tanjakan menjadi kendala pada operasional kereta api saat ini, karena tidak ekonomis.

“Saat kondisi prasarana seperti itu jelas tidak bisa memanfaatkan rangkaian dengan jumlah kereta penumpang yang panjang,” ungkapnya.

Diharapkan dengan rel ganda pelayanan angkutan kereta api ke depannya akan lebih baik dan maksimal. Baik untuk angkutan penumpang maupun angkutan barang. (omy)

loading...