Angkasa Pura 2

STIP Gelar Seminar Hasil Penelitian Dosen Tentang Keselamatan Pelayaran

SDMKamis, 31 Agustus 2017
penelitian 1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menggelar seminar tema  “Kajian Keselamatan Pelayaran Dan Kompetensi Keterampilan Taruna Praktek Laut Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pelayaran Yang Profesional”.

Seminar digelar di ruang AVA STIP  Jakarta mengangkat hasil penelitian pada dosen di lingkungan STIP sesuai bidang kajian dan keahlian masing-masing. Seminar ini dibuka dan diberikan pengantar oleh Ketua STIP Jakarta, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM, MH, Rabu (30/8/2017) sore.

Dalam sambutannya, Ketua STIP menyampaikan bahwa melakukan penelitian adalah wajib bagi seluruh dosen STIP Jakarta, karena penelitian merupakan salah satu Dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen.

Capt. Sahattua  berharap banyak terhadap STIP Jakarta dimana melalui hasil penelitiannya dapat mengembangkan industri pelayaran  nasional yang mampu bersaing dengan industri pelayaran asing.

Di tahun 2017 ini, STIP mempunyai target yaitu dapat melakukan 20 penelitian dosen yang pada seminar kedua ini akan di seminarkan 5 (lima) penelitian.

Kedepan, pinta Capt. Sahattua diharapkan agar para dosen dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan penelitian di daerah.

5 Judul Penelitian

Hasil penelitian yang diseminarkan pada pagi hari ini ada 5 (lima) judul penelitian :

Analisa Lalu Lintas Kapal Melalui Selat Malaka Dan Singapore Guna Meningkatkan Keselamatan Kapal Berlayar (dengan pembicara Herwin Nasution SH, MH, Drs. Warsono MM, Ir. Bambang Ristianto M.Si), Analisis Kompetensi Anak Buah Kapal Dalam Penanganan Limbah Sesuai Dengan Implementasi MARPOL 73/78 (Tristanti, M.Pd, Capt. Sunaryanto, MM, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc).

Analisis Manfaat Ekonomi Pengoperasian Kapal Perintis Ternak Sapi Ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (Ir. Theo Johannes Frans Kalangi, MT, M. Jusuf, SE., MM, Larsen Barasa, SE, M.MTr, Purnama N. F. Lumbanbatu, S.SPd, M.Hum.).

Memaksimalkan Penggunaan Laboratorium Dan Bengkel Guna Meningkatkan Keterampilan Taruna Jurusan Teknika STIP Dalam Rangka Persiapan Praktek Laut (Efendi ST, MM, Drs. M. Taher Usemahu, MM, Zulnasri, SH, MH, MM.).

Kajian Tingkat Keselamatan Kapal Tradisional Jakarta-Kep. Seribu (Imam Sadjiono, S.Pel, M.MTr, Dr. Ir. Johny Malisan, DESS., Titis Ari Wibowo, S.SiT, M.MTr.)

Hasil penelitian yang telah diseminarkan akan disosialiasasikan melalui publikasi ilmiah yang ada ke dalam majalah “METEOR STIP MARUNDA” sebagai upaya perbaikan dan bahan masukan peningkatan mutu pendidikan pelayaran di masa yang akan datang.(hms/helmi)