Angkasa Pura 2

Antisipasi Kelangkaan BBM Mudik Idul Adha, Pertamina Siapkan Truk Tangki Selama 4 Hari Kedepan

Aksi Polisi Energi KoridorJumat, 1 September 2017
Polri kawal truk tangki BBM

CIKOPO (Beritatrans.com) – PT Pertamina telah menyiagakan tanki BBM sampai 4 hari ke depan untuk antisipasi terjadinya kelangkaan BBM selama arus mudik dan balik Idul Adha 2017.

Mereka (truk tangki BBM) siaga di titik yang sudah ditentukan dan siap digerakkan jika sampai terjadi kelangkaan BBM selama arus mudik dan balik Idul Adha serta libur panjang akhir pekan ini.

BUMN Pertamina bersama dengan Polri siap mengoperasikan truk tangki BBM dan dikawal pertugas termasuk  jalur contra flow jika sampai terjadi kelangkaan BBM termasuk yant dipicu oleh antrean panjang di jalan raya.

Seperti dilansir laman pertamina.com, BUMN Migas itu telah menyiapkan beberapa truk tangki  berisi BBM yang siap digerapkan ke lokasi yang dibutuhkan. Pertamina juga menyiapkan penjualan BBM eceran dalam kemasan  galon di sepanjang jalur mudik Idul Adha.

Masyarakat diminta tenang dan tidak panik serta membeli BBM dalam jumlah besar. Stok dan pasokan BBM selama arus mudik dan balik Idul Adha dijamin aman.
 
Siapkan Galon BBM Solar

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengingatkan PT Pertamina agar menyiagakan galon/jerigen bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis solar disepanjang jalur mudik dan balik  Idul Adha 2017.

“Pertamina pada Lebaran kemarin telah mengantisipasi dengan jerigen-jerigen untuk galon-galon mobile. Tapi  kemarin itu hanya BBM jenis premium/pertamax semua,” sebut Jojo, sapaab akrab Sesjen Kemhub itu.

Sementara, kilah dia, Pertamina lupa (menyiapkan) jenis solar, padahal 20% dari kendaraan yang ada menggunakan BBM jenis solar.

Fakta di masyarakat, BBM merupakan salah satu kebutuhan pokok dan menguasai hajat hidup orang banyak. BBM jenis solar makin banyak digunakan masyarakat terutama kendaraan bermesin diesel.

Konsumsi BBM jenis solar juga meningkat  terutama  selama masa mudik dan balik Idul Adha beberapa tahun terakhir. Jika Pertamina tidak menyiapkan antisipasi yang baik dan menyediakan BBM solar dalam galon, dikhawatirkan bisa memicu kelangkaan solar di lapangan.(helmi)