Angkasa Pura 2

Berbiaya Rp400 Miliar, Jokowi: Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Dimulai Tahun Ini

EmplasemenJumat, 1 September 2017
2017-08-31 18.51.21

SUKABUMI (BeritaTrans.com) – Presiden Jokowi mengemukakan pembangunan jalur kereta api double track Bogor ke Sukabumi.

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelum shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jumat, 1 September 2017, Jokowi menjelaskan pembangunan doubletrack akan dimulai tahun ini dengan perkiraan dana sekitar Rp 400 miliar.

Selain itu, pemerintah juga merencanakan merevitalisasi jalur kereta Sukabumi-Cianjur-Bandung pada 2019.

“Sehingga nantinya arus barang, mobilitas orang, baik dari bandara, baik dari Jakarta, baik dari Bogor ke Sukabumi ini akan semakin cepat. Sudah kita lihat sangat memungkinkan,” kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan tentang rencananya itu di Masjid Agung Sukabumi.

Selain moda kereta api, pemerintah juga berencana membangun bandara perintis di Sukabumi. Jokowi menjelaskan, pemerintah lebih dulu mensurvei lokasi bandara yang tepat di Sukabumi. Namun, Jokowi tindak menguraikan daerah mana yang akan disurvei.

Terkait dengan pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Jokowi menargetkan selesai pada 2 tahun mendatang. Rencana proyek jalur tol itu sudah sejak 1996, namun selalu terkendala.

“Makanya tahun lalu saya putuskan diambil alih BUMN dan langsung dikerjakan saat itu,” kata Jokowi.

Jokowi menunaikan salat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Sukabumi. Setelah itu, Presiden menyerahkan sapi kurban seberat 1,4 ton kepada pengurus Masjid Agung Sukabumi.

Jokowi diagendakan kembali ke Istana Presiden pada Jumat sore. (antara).

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari