Angkasa Pura 2

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Dua Proyek Tol di Sumatera Segera Diuji Coba

KoridorSabtu, 2 September 2017
43ef0ca2-31f5-4b68-ade3-682a225ddc5c_169

JAKARTA (Beritatrans.com) – Proyek tol Trans Sumatera kini sedang berlangsung.  Kedua proyek jalan tol tersebut dijadwalkan akan segera diujicoba bulan September 2017.

Jika tak ada halangan, dua ruas tol yaitu Medan-Binjai dan Palembang Indralaya (Palindra) rencananya diuji coba bulan ini.

“Setelah uji coba selesai dan dinyatakan laik operasi, ruas tol Medan Binjai itu rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir September,” kata  Adjib Al Hakim, Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Sabtu (2/9/2017).

Waktunya masih tentatif. Menyesuaikan dengan jadwal Presiden Jokowi. “Tentatif akan rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden,” tutur Adjib lagi.

Ruas Medan-Binjai sepanjang 17 km. Adapun ruas yang bakal diuji coba adalah Seksi II Helvetia-Semayang 6,18 km dan seksi III Semayang-Binjai 4,28 km.

Sedangkan ruas tol Palembang-Indralaya (Palindra) sepanjang 21,93 km. Proses uji coba akan berlangsung di seksi I Palembang-Pamulutan sepanjang 9 km, terdiri dari main road 7 km dan access road 2 km.

“Kita melakukan pengajuan ke BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) untuk uji coba. Uji coba tentatif sekitar pertengahan September,” ujar Adjib Al Hakim.

Menurut Adjib, BPJT nanti yang akan menentukan kapan tepatnya uji coba berlangsung. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), progres Tol Medan-Binjai saat ini yang menyambungkan Helvetia hingga Binjai telah mencapai fisik 99%, begitu pula dengan pengadaan tanah.

Tol Medan-Binjai diharapkan bisa meningkatkan geliat industri di Sumatera Utara, karena bisa menghubungkan Kota Medan langsung ke Pelabuhan Belawan. 

Selain itu, Jalan Tol Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km ditargetkan bakal beroperasi secara keseluruhan hingga akhir tahun nanti. Saat ini secara keseluruhan progres fisik telah mencapai 59,4%.(helmi/dtc)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari