Angkasa Pura 2

61 Instansi Buka Lowongan CPNS, Ayo Serbu!

SDMSelasa, 5 September 2017
images-3

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua di 61 Kementerian/Lembaga dan satu Pemerintah Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.

Dijelaskan, formasi untuk Kementerian/Lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.

Baca juga: Buka Lowongan CPNS Penjaga Tahanan, Menkumham: Kita Kekurangan Orang!

Mengutip keterangan tertulis Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (5/9/2017), berikut 61 instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS:

1. Kementerian Keuangan 2.880 Formasi

2. Kementerian ESDM 65 Formasi

3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 300 formasi

4. Kementerian Ketenagakerjaan 160 formasi

5. Kementerian Kelautan dan Perikanan 329 formasi

6. Kementerian Perindustrian 380 formasi

7. Kementerian PUPR 1.000 formasi

8. Kementerian Pariwisata 40 formasi

9. Kejaksaan Agung 1.000 formasi

10. LIPI 175 formasi

11. Badan Tenaga Nuklir Nasional 98 formasi

12. Arsip Nasional Republik Indonesia 60 formasi

13. Badan Koordinasi Penanaman Modal 28 formasi

14. Badan Pengkajian Penerapan Teknologi 175 formasi

15. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN 1.610 formasi

16. Badan Pengawas Tenaga Nuklir 10 formasi

17. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika 90 formasi

18. BNP2TKI 87 formasi

19. Kementerian LHK 700 formasi

20. Komisi Yudisial 33 formasi

21. Kementerian Perhubungan 400 formasi

22. Badan Narkotika Nasional 275 formasi

23. Kementerian Luar Negeri 75 formasi

24. Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi 91 formasi

25. Kementerian Kesehatan 1.000 formasi

26. BNPT 60 formasi

27. Badan SAR Nasional 160 formasi

28. Badan Pemeriksa Keuangan 300 formasi

29. Badan Keamanan Laut 225 formasi

30. Kementerian Pertanian 475 formasi

31. BPKP 182 formasi

32. Kementerian Sosial 160 formasi

33. LAPAN 99 formasi

34. Badan Ekonomi Kreatif 93 formasi

35. Badan Pengawasan Obat dan Makanan 110 formasi

36. Badan Intelijen Nasional 199 formasi

37. Badan Kepegawaian Negara 212 formasi

38. Kementerian Riset, Teknologi, dan PT 1.500 formasi

39. PPN/Bappenas 38 formasi

40. BKKBN 157 formasi

41. Kementerian PANRB 91 formasi

42. Sekjen DPR 85 formasi

43. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 21 formasi

44. Badan Informasi Geospasial 67 formasi

45. Kementerian Sekretariat Negara 178 formasi

46. Kementerian koordinator bidang Kemaritiman 40 formasi

47. Kementerian Agama 1.000 formasi

48. LAN 299 formasi

49. Kementerian Perdagangan 65 formasi

50. Kementerian Pemuda dan Olah Raga 27 formasi

Baca juga: Wow, Pelamar CPNS Tembus 1 Juta Orang

51. Mahkamah Konstitusi 70 formasi

52. Kepolisian Republik Indonesia 200 formasi

53. Kementerian Bidang Polhukam 25 formasi

54. LKPP 25 formasi

55. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian 25 formasi

56. PPATK 53 formasi

57. Kementerian BUMN 25 formasi

58. Lemsaneg 26 formasi

59. Kementerian Koperasi dan UKM 25 formasi

60. Kementerian Pertahanan 50 formasi

61. Kawasan Kalimantan Utara 500 formasi

TIPS HADAPI TES

Dibutuhkan persiapan yang matang untuk mendaftar tes CPNS. Hal ini dilakukan agar pendaftaran lancar dan tidak terkendali apapun. Awal yang lancar dipercaya mendatangkan hasil yang baik. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk tes CPNS? Perhatikan hal berikut.

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk mendaftar CPNS adalah dokumen persyaratan. Tidaklah sulit untuk mempersiapkan dokumen persyaratan karena dokumen yang dibutuhkan merupakan dokumen umum untuk melamar sebuah pekerjaan. Dokumen CPNS yang dibutuhkan antara lain:

Kartu Keluarga

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Ijazah

Transkrip Nilai

Pas foto

Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

2. Belajar dari Contoh Soal

Layaknya akan menghadapi Ujian Nasional saat sekolah dulu, Anda harus mempersiapkan diri dengan mempelajari materi soal untuk tes CPNS. Caranya, carilah contoh soal tes CPNS yang banyak beredar di internet, misalnya soal CPNS 2016. Disarankan untuk mempelajari contoh soal dari tahun sebelumnya. Selain itu, cari tau juga materi-materi yang dibahas untuk tes CPNS.

Soal tes CPNS terbagi dua yaitu, Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Untuk TKD meliputi:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal Tes Intelejensi Umum (TIU)

Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Sedangkan, untuk TKB menyesuaikan dengan posisi yang dipilih.

3. Pakaian untuk Tes

Biasanya, tes CPNS mensyaratkan untuk memakai pakaian formal yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk pria, memakai kemeja putih, celana panjang hitam bahan dan sepatu formal. Untuk wanita, memakai kemeja putih, rok hitam bahan dan sepatu formal.

Bagi yang belum memilikinya, silahkan dipersiapkan terlebih dahulu. Anda tidak perlu membeli jika tidak punya, solusinya bisa dengan meminjam ke tetangga, saudara atau teman.

4. Mental yang Kuat

Selain mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan tes CPNS, persiapkan juga mental yang kuat untuk menghadapi tes. Percayalah pada diri sendiri kalau Anda bisa melewati tes-tes yang akan dihadapi dengan mudah. Jangan terbebani dengan persepsi bahwa tes CPNS susah. Hal ini penting untuk menanamkan sugesti pada diri sendiri agar tidak minder.

5. Tubuh yang Sehat

Jika sudah menjelang tahap interview, jaga kesehatan tubuh sebaik mungkin. Hindari hal-hal yang akan membuat kondisi tubuh menurun, seperti begadang, makan makanan yang tidak sehat dan jarang berolahraga. Kondisi tubuh yang prima akan memudahkan Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari interviewer.

Begini Langkah Pendaftarannya 

Untuk mendaftar menjadi pegawai negeri, Anda diharuskan mengikuti ketentuan dan prosedur yang ada. Ikuti langkah demi langkah tersebut dengan teliti, terutama dalam tahapan yang membutuhkan detail. 

1. Cari Tahu Kapan Tes CPNS Mulai Dibuka

Pendaftaran CPNS tidak dibuka setiap saat, ada periode tertentu tes CPNS ini digelar. Biasanya tes CPNS dilakukan setahun sekali oleh lembaga terkait, misalnya saja, pada tahun ini, di bulan Agustus dibuka lowongan CPNS 2017 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Perhatikan: Pendaftaran pada tahun ini dilakukan secara online, oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin mencari informasi mengenai pembukaan lowongan CPNS ini. Pencarian bisa dengan berselancar di internet atau memantau sosial media dari kementerian yang ingin didaftar.

2. Buka Website Pendaftaran

Setelah mengetahui info CPNS, sekarang tinggal mengakses website pendaftaran. Biasanya, website pendaftaran langsung diikutsertakan dalam pengumuman pendaftaran, jadi tidak usah pusing mencari situsnya.

Perhatikan: pastikan bahwa website yang Anda akses untuk mendaftar adalah website asli. Artinya, website itu memang disediakan oleh pihak panitia untuk pendaftaran CPNS. Hal ini karena banyak website palsu yang mengatasnamakan kementerian tertentu membuka lowongan CPNS. Tentu saja hal tersebut merugikan, karena website palsu tersebut biasanya menipu.

3. Isikan Data Diri dengan Benar

Setelah membuka website pendaftaran, cari pilihan menu untuk mendaftar. Isilah data sesuai dengan kebenaran yang ada.

Perhatikan: Hindari untuk mengisi dengan data palsu. Hal ini untuk menghindari agar nantinya Anda tidak didiskualifikasi oleh panita, sebab data yang sudah diisikan akan diverifikasi lebih lanjut oleh pihak panitia. Isikan juga alamat email dan nomor telepon yang aktif untuk memudahkan panitia menghubungi Anda.

4. Unggah Dokumen yang Diminta

Selanjutnya, Anda akan diminta beberapa dokumen sebagai persyaratan. Panitia biasanya meminta hasil scan dokumen asli yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan biasanya seperti yang sudah disebutkan di atas. Beruntung, jika Anda sudah menyiapkannya dari jauh-jauh hari.

Perhatikan: usahakan untuk mengunggah hasil scan dokumen asli, jangan fotokopinya. Namun, bila tidak punya atau hilang, konfirmasi ke panitia lewat telepon atau email.

5. Simpan Bukti Pendaftaran

Setelah semua prosedur pendaftaran online selesai, Anda akan mendaptakan bukti registrasi yang berisikan tentang data diri. Akan ada pilihan untuk langsung print atau save dokumen tersebut.

Perhatikan: ada baiknya, simpan terlebih dahulu bukti pendaftaran dengan memilih menu save, kemudian baru dicetak. Hal ini untuk menghindari bukti pendaftaran hilang, jika hilang, setidaknya Anda masih memiliki soft file nya, jadi tinggal cetak lagi.

6. Tunggu Instruksi Selanjutnya

Setelah mendaftar online, Anda tinggal menunggu hasil seleksi administrasi, atau tahap pertama. Jika lolos, panitia akan mengabari, atau bisa dicek langsung pada website pendaftaran.

Perhatikan: catat tanggal-tanggal penting dari jadwal pendaftaran CPNS, biasanya audah diberitahu dan dicantumkan pada website saat awal mendaftar. Jadwal tersebut mencakup tanggal tes tahap pertama hingga selesai.

Tips Menghadapi Tes CPNS

Pastikan Koneksi Internet Stabil untuk Tes Online

Berdasarkan info CPNS 2017 pada website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), terdapat tes online pada lowongan CPNS Kemenkumham 2017. Oleh karena itu, sebelum memulai tes online CPNS, ada baiknya periksa terlebih dahulu koneksi internet Anda.

Hal ini sangat penting, karena bisa saja tes terputus di tengah jalan karena jaringan internet yang buruk. Tentu saja hal tersebut mempengaruhi hasil tes Anda, bisa jadi soal yang dikerjakan hanya ter-submit setengah.

Jangan Mencontek Saat Tes Tertulis

Jangan lakukan kesalahan dasar sewaktu di bangku sekolah dulu, yakni mencontek saat tes. Walaupun ada kesempatan untuk menyalin jawaban peserta lain, jangan ambil kesempatan itu. Hal ini karena, pengawas tes bisa saja pura-pura tidak melihat dan langsung mencoret nama Anda dari daftar.

Jangan Daftar di Akhir Waktu

Usahakan tidak menunda-nunda pendaftaran, setelah mengetahui info CPNS, segeralah mendaftar. Biasanya, panitia memberikan waktu satu bulan untuk mendaftar. Contohnya, pada pendaftaran CPNS Kemenkumham sekarang, dimulai dari tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus.

Daftar di awal waktu dimaksudkan agar Anda tidak terburu-buru mengisikan data yang diperlukan. Selain itu, jika dokumen yang dibutuhkan tidak ada, bisa mengurusnya terlebih dahulu.

Hindari Oknum yang Menawarkan Bantuan

Sepanjang pendaftaran hingga nanti pengumuman hasil akhir tes CPNS, banyak oknum menawarkan “jalan belakang”. Maksudnya, Mereka akan menawarkan bantuan dengan iming-iming diterima sebagai pegawai negeri, namun harus membayar sejumlah uang agar lulus pada tes-tesnya.

Sebisa mungkin, hindari hal tersebut. Kebanyakan dari oknum tersebut hanyalah penipu. Misalnya, Anda ditawarkan untuk membayar Rp30 juta untuk diterima sebagai pns, padahal tes CPNS tidak memungut biaya sama sekali.

Beretika yang Baik saat Wawancara

Jika Anda dipanggil untuk wawancara, pelajari etika yang baik saat wawancara. Misalnya, jangan menguap, jangan duduk sebelum dipersilakan, gunakan pakaian yang sopan dan sebagainya. Hal tersebut memang terkesan remeh, namun sangat berpengaruh terhadap penilaian tes wawancara.

Berdoa pada yang Kuasa

Usaha harus diiringi dengan doa agar lancar, begitulah petuah dari orang tua. Sebagai manusia yang beragama, memang sudah seharusnya menyelipkan doa disetiap usaha yang dilakukan. Begitu pula saat mendaftar CPNS, usahakan banyak berdoa ke pada Sang Pencipta agar dimudahkan urusannya.

Percaya Pada Diri Sendiri kalau Anda Bisa Lulus

Percaya pada diri sendiri bahwa Anda bisa! Kebanyakan dari orang yang mendaftar berpikir negatif sebelum waktu tes, padahal belum tentu orang lain lebih baik dari kita. Tanamkan pada diri sendiri, tes CPNS mudah dilalui dan Anda bisa mengerjakan semua tesnya dengan baik. Walaupun saingan banyak, namun tetap harus semangat menjalaninya. Semoga Anda beruntung!
(moy/sumber: okezone).