Angkasa Pura 2

KNKT akan Lakukan Bimtek Pada Investigator Kecelakaan Transportasi

SDMSelasa, 5 September 2017
Soerjanto__KNKT

JAKARTA (Beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT] akan banyak melakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi para investigator baru agar bisa melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku.

“KNKT perlu didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional khususnya investigator kecelakaan transportasi,” kata Ketua KNKT, Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono di Jakarta, kemarin.

Dia menyampaikan beberapa hal di antaranya KNKT pada saat melaksanakan investigasi harus mengetahui dengan benar penyebab kecelakaan transportasi dikarenakan semua laporan akhir investigasi kecelakaan transportasi harus menyampaikan rekomendasi kepada pihak terkait.

“Dalam investigasi ini sangat penting guna menemukan penyebab suatu kecelakaan, oleh karena itu pengetahuan dan pengalaman dari para investigator ini diharapkan dapat membantu dunia transportasi kita untuk lebih berkeselamatan” tukas Ketua KNKT.

KNKT juga memandang perlu untuk melaksanakan kerjasama dengan instansi lain. Tujuan yang hendak dicapai dari kerjasama ini adalah untuk mencari soluasi dimana salah satunya kerjasama dengan ITB, Litbang, Operator bus dan perusahaan karoseri untuk menentukan crash airwortheness.

Seperti diansir akun FB KNKT disebutkan, Investigasi, papar Soerjanto, adalah pekerjaan yang memerlukan tidak hanya bobot practikal akan tetapi juga bobot ilmiahnya. “Para pembaca laporan investigasi kecelakaan dari semua kalangan seperti; praktisi, ilmuwan, regulator dan pengamat juga sering memberi masukan kepada laporan KNKT” terang Ketua KNKT.

Ketua KNKT memberikan salah satu contohnya laporan kecelakaan penerbangan pesawat Air Asia yang jatuh di Selat Karimata yang mendapatkan apresiasi dari maskapai penerbangan luar negeri dan pengamat yang menyatakan bahwa laporan KNKT sangat objektif dimana isu yang beredar bahwa kecelakaan tersebut disebabkan cuaca sedangkan pada laporan KNKT menyatakan dengan tegas bahwa penyebab kecelakaan adalah masalah tenis.(helmi)

loading...