Angkasa Pura 2

Pembangunan Pelabuhan Patimban Dipercepat

DermagaSelasa, 5 September 2017
IMG-20170905-WA0033

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Chandra Irawan menyebutkan, pembangunan Pelabuhan Patimban masuk pada Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menurut dia juga telah menugaskan agar pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Patimban agar disegerakan.

“Oktober tahap I pelelangan dilakukan, maksimal selama tiga bulan,” ungkap Chandra di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Setelah pelelangan, selanjutnya akan segera dilakukan pembangunan. Konstruksi ditargetkan pada awal tahun 2018 sudah dilaksanakan dan pembangunan tahap I fase satu dapat selesai akhir tahun 2019.

Chandra mengemukakan, Pelabuhan Patimban ini akan memiliki desain agak beda dengan pelabuhan lainnya yang sudah eksisting.

“Pembangunanya akan menggunakan sistem CDM dan CPM,” ungkap dia.

CDM adalah Cement Deep Mixing dimana pengecoran dilakukan ke dalam tanah sebelum dilakukan reklamasi dan CPM merupakan Cement Pipe Mixing sebelum dimulai reklamasinya.

Plt Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani menambahkan bahwa pembangunan Pelabuhan Patimban ini nantinya dilaksanakan oleh perusahaan pemenang lelang.

“Yang membangun bisa satu, dua, bahkan tiga perusahaan dan selanjutnya akan konsorsiumnya untuk pengelolaannya,” tutur Bay. (omy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari