Angkasa Pura 2

10 Penilai Bergabung pada Temu Karya Peneliti Balitbanghub

LitbangRabu, 6 September 2017
IMG-20170906-WA0015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 10 penilai bergabung dalam menyukseskan Temu Karya Peneliti: Sinergitas Penelitian Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Transportasi Untuk Mendukung Perwujudan Undang-Undang Sistranas yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Salah satu tim penilai yang juga Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Cris Kuntadi mengapresiasi Balitbanghub dalam menyelenggarakan kegiatan lomba ini.

“Lomba ini sangat baik dan dapat meningkatkan minat peneliti untuk melakukan penelitian yang benar-benar implementatif,” ujar Cris kepada BeritaTrans.com, Rabu (6/9/2017).

Hasil kajian benar-benar bisa diimplementasikan dan menjadi inovasi bagi Balitbanghub. Untuk itu kata dia, dapat didukung hingga pembuatan hak paten hasil penelitiannya.

Tak sekadar mengapresiasi, Cris juga memberi masukan kepada Balitbanghub agar memperluas segmen peneliti bahkan hingga melibatkan para taruna.

“Tulisan penelitian mereka (taruna) juga banyak yang bagus dan bisa dilibatkan sebagai hasil penelitian yang inovatif,” tutur dia.

Bila melihat hasil paparan para peneliti, ditambahkannya terlihat cukup improvisasi dan inovasi serta dapat menjadi solusi dalam meningkatkan transportasi nasional.

“Namun, dari sisi teknis pemaparan, masih perlu pengembangan, agar tidak monoton dan menarik minat hadirin,” imbuh Cris.

Selain Dr. Cris, peneliti lainnya yang terlibat adalah Dr. Ashwin Sasongko Sastrosubroto, Dr. Elly Adriani Sinaga, Dr. Sito Malkamah, Dr. Wahyu Widodo Pandoe, Prof. Ing. M. Yamin Jinca, Prof. Agus Taufik Mulyono, Dr. Theo Kurnia, Dr. Mesdin Simarmata, dan Darmaningtyas.

Penilai Dr. Elly menambahkan bahwa Litbanghub harus objektif pada hasil penelitian para peneliti yang ada saat ini.

“Sehingga bisa mengubah arah kebijakan dengan lebih baik lagi,” kata Elly. (omy)

loading...