Angkasa Pura 2

Kemhub akan Bangun 5 Kapal Pelra di Bulukumba

DermagaRabu, 6 September 2017
kapal bulukumba

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan membuat 24 unit kapal pelayanan rakyat dalam meningkatkan transportasi laut ke daerah yang tidak terlayani angkutan kapal perintis.

Diantara 24 kapal yang rencananya akan dibuat, diketahui 5 diantaranya akan dikerjakan langsung di Kabupaten Bulukumba. Dimana kapal-kapal tersebut akan diberikan kepada daerah yang memiliki potensi perairan laut, termasuk Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Hal ini terungkap pada rapat pemantapan penerima hibah kapal yang dilaksanakan di Kantor Kemenhub yang dipimpin oleh Plt. Dirjen Perhubungan Laut (Hubla), Bay Mokhamad Hasani dan dihadiri langsung oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali bersama dengan Kadis Perhubungan Andi Kurniadi, Rabu (6/9/2017) di Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba Andi Kurniadi, pembuatan kapal tersebut sudah dilaksanakan tahun 2017 ini melalui tender di Kemenhub. Dari 24 kapal tersebut, 5 diantaranya dikerjakan di Bulukumba.

Dalam pembuatan kapal ini lanjut Kurniadi, menelan anggaran sebesar 2,3 milyar rupiah dengan ukuran panjang 17.65 meter dan lebar 4 meter serta menggunakan mesin 35 GT.

Ditambahkannya ada 3 perusahaan asal Provinsi Sulawesi Selatan yang jadi pemenang tender dari 24 paket pembangunan kapal rakyat tersebut, dan satu diantaranya adalah perusahaan dari Bulukumba yaitu PT. Putra Arung Samudra yang kontrak pelaksanaan pekerjaannya sampai dengan 31 Desember 2017.

“Insya Allah pada tahun 2018, kapal itu sudah bisa digunakan untuk melayani masyarakat,”pintanya seperti dikutip kabar.news. (lay).