Angkasa Pura 2

MENHUB BUDI KARYA DORONG SWASTA BANGUN KAWASAN BERORIENTASI TOD

Bandara Dermaga Emplasemen KoridorRabu, 6 September 2017
Menhub TOD

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dorong perusahaan swasta nasional untuk terlibat dalam project-project terkait konsep pembangunan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) seperti perumahan atau apartement maupun pusat-pusat komersial lainnya. Konsep TOD itu diharapkan menjadi solusi dari berbagai masalah complex kota-kota besar seperti kemacetan.

“Saya memang menugaskan (pengelola) MRT dan LRT untuk mentender project-project itu pada perusahaan private, dengan begitu ini akan menjadi kompetitif apabila dia juga menggandeng investor dari Jepang karena pengalaman-pengalamannya,” kata Menhub Budi di sela-sela acara Indonesia – Japan Urban Development and Housing Seminar 2017 di Jakarta (5/9/2017).

Dijelaskan Menhub terkait pembangunan berkonsep TOD ini pemerintah tidak akan terlibat dalam penganggaran pembangunannya melainkan diserahkan pada skema business to business atau B to B.

“Saya serahkan kepada B to B artinya kan seperti satu titik kemarin (proyek rumah susun di Stasiun Tanjung Barat), kita sudah kerjasama Perumnas dan Kereta Api Indonesia banyak lagi yang tempat lain,” tandas Menhub.(helmi)

loading...