Angkasa Pura 2

161 Lulusan STIP 2017 Direkrut Perusahaan Pelayaran Asing dan Nasional

Dermaga SDMJumat, 8 September 2017
IMG-20170908-WA0049

April dan kadet MOL

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sebanyak 161 perwira pelaut lulusan STIP Jakarta akan segera naik kapal setelah ijzah Diklat Pelaut (DP) III keluar. Mereka adalah perwira yang baru luus dan ikut wisuda terpadu BPSDMP di STPI Curug, kamis (7/9/2017) kemarin.

Sebanyak 14 perusahaan pelayaran di dalam dan luar negeri sudah mengikat kontrak kerja dan siap merekrut para lulusan STIP Jakarta itu. Sebagian sudah memberikan beasiswa sejak turun kapal mengikuti praktik laut (prala) setahun silam. Perusahaan pelayaran itu komit untuk menerima kembali mantan kadet asal STIP Jakarta setelah mereka lulus kelak.

Kasubag Ketarunaan dan Alumni Aji Amanto, S.Si.T menyebutkan, data yang dihimpun dari Subag Kerja Sama dan Praktik Kerja Nyata (KSKPN) STIP Jakarta menyebutkan, perusahaan pelayaran Jasindo tercatat paling banyak menyerap kadet, yaitu 21 orang, disusul Tanto Lines Jakarta sebanyak 18 orang dan pelayaran ABB sebanyak 16 orang.

Sementara, ada tiga perusahaan pelayaran asing yang juga siap merekrut mantan kadet asal STIP. Mereka itu adalah Hancang Indonesia (Korea) sebanyak 14 orang, Anthony Veder (Belanda) sebanyak 10 orang dan MOL (Jepang) sebanyak 8 orang serta K Lines (Jepang) 2 orang.

Selanjutnya ada beberapa perusahaan pelayaran lain yang juga merekrut perwira lulusan STIP, yaitu Tanto Lines Surabaya sebanyak 14 orang, Humpuss/ MSC sebanyak 3 orang, Bogasari sebanyak 8 orang, Amas Nusa sebnyak 7 orang.

Selain itu juga perusahaan pelayaran Althus sebanyak 5 orang, PT Samudera Indonesia (Samin) sebanyak 8, Bisko 5 orang dan BSI sebanyak 12 orang.

Wisudawan STIP1

Tunggu Ijazah DP III

Ksubag Rumah Tangga dan Humas STIP Capt. Ariandy Syamsu Bhahri, M.Sc yang dikonfirmasi Beritatrans.com mengakui, ada ratusan perwira lulusan STIP Jakarta tahun 2017 yang akan segera naik kapal.

“Mereka sudah teken kontrak kerja sejak turun kapal (prala) bahkan sebagian mendapatkan beasiswa dari perusahaan tempatnya berlatih bekerja kemarin,” katanya di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Setelah wisuda dan keluar ijazah DP-III mereka akan langsung bekerja sebagai pelaut di perusahaan pelayaran nasional dan internasional.

“Biasanya sekitar sebulan setelah wisuda ijazah sudah keluar dan mereka bisa langsung bekerja. Setelah itu mereka akan bekerja sebagai perwira sebagai perwira di atas kapal,” tegas Capt. Ariandy.(helmi)