Angkasa Pura 2

Perempuan Nelayan Merasa Belum Dapat Pengakuan Pemerintah

Kelautan & PerikananSabtu, 9 September 2017
antarafoto-Nelayan070308

JAKARTA (beritatrans.com) – Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia (PPNI) menyatakan bahwa kaum perempuan nelayan merupakan pahlawan protein bangsa yang berjasa menghadirkan protein ikan ke meja makan masyarakat.

“Kami pejuang pangan bangsa, namun hingga hari ini kami belum mendapatkan pengakuan bahwa kami ini perempuan nelayan,” kata Sekjen PPNI Masnuah saat menggelar pertemuan yang dihadiri oleh sedikitnya 50 perempuan nelayan di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Masnuah mengatakan, dengan belum adanya pengakuan dari pemerintah, berimplikasi terhadap banyak sekali perempuan nelayan yang pergi melaut tidak bisa mendapatkan kartu nelayan. Sedangkan perempuan nelayan yang terlibat pada pra dan pasca produksi, kesulitan mendapatkan akses permodalan.

Menurutnya, perempuan yang hadir dalam pertemuan nasional PPNI menemukan permasalahan substansi yang hingga hari ini berdampak besar kepada mereka, yaitu terkait pengakuan perempuan nelayan sebagai subjek hukum dalam kebijakan yang berkaitan dengan aktifitas kebernelayanan.

Pertemuan para aktifis perempuan nelayan tersebut untuk merumuskan gerakan perempuan nelayan di Indonesia. Mereka berasal dari Provinsi Aceh sampai Kepulauan Aru.

Salah satu agenda utama pertemuan Nasional adalah pemilihan Sekjen PPNI dan dewan presidium nasional. (aliy)

Foto: Antara