Angkasa Pura 2

Irjen Paparkan Anggaran Kemhub pada RDP dengan Komisi V DPR

SDMSenin, 11 September 2017
IMG-20170911-WA0034

IMG-20170911-WA0030

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Irjen Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo yang akrab disapa Tommy memaparkan rangkaian rincian anggaran untuk fungsi dan program unit Organisasi Eselon I Kemhub dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR.

Dalam kesempatan itu, Irjen Tommy hadir bersama Sekretaris Jenderal Kemhub Sugiharjo, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Umiyatun Hayati Tri Astuti.

Irjen Tommy menyampaikan beberapa hal, mulai dari Tindak Lanjut Laporan Hasil Audit mulai tahun 2003 – 2017, penghematan anggaran melalui Reviu HPS, penyelamatan keuangan negara dan pengaduan masyarakat yang masuk ke Kemhub yang sampai posisi saat ini mencapai 343 pengaduan.

“Dari total Rp46,09 triliun Anggaran Belanja Kemenhub pada Tahun 2017, Itjen mendapatkan 0,20% sedangkan pada tahun 2018 dari total Rp48,48 triliun, Itjen memeroleh 0,22%,” jelas Tommy di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Menurutnya, peningkatan Anggaran yang diperoleh Itjen pada TA 2018 adalah untuk melaksanakan tugas tambahan seperti konsultasi pengadaan barang dan jasa, melakukan dan mengkoordinir Unit Pengendalian Gratifikasi di UPT, Reviu RKA dan HPS.

“Selain iti juga untuk telaah sejawat secara periodik, penyusunan Ihtiar Hasil Audit, koordinator whistleblowing system, membangun Sistem Informasi Managemen Pengaduan, Audit Investigatif dan monitoring Angkutan Lebaran, Haji, Natal dan Tahun Baru.

“Kami juga mendapat alokasi tambahan anggaran untuk tugas tambahan lain yaitu melakukan forum koordinasi dengan BPKP, TP4, BPK-RI, Bareskrim serta Kemenpan RB,” pungkasnya. (omy)