Angkasa Pura 2

Memhub Minta Pelindo III Segera Realisasikan Pemanfaatan Barang Milik Negara di Pelabuhan Waingapu

DermagaSenin, 11 September 2017
IMG-20170910-WA0016

WAINGAPU (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta menejemen PT Pelahuhan Indonesia (Pelindo) III untuk segera menindaklanjuti MoU atau kesepakatan kerja sama dengan meningkatkan dan memanfaatkan fasilitas Pelabuhan Waingapu antara Kantor Syahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu dengan PT Pelindo III di Pelabuhan Waingapu.

“Pelindo III segera tindaklanjuti MoU dengan tingkatkan fasilitas Pelabuhan Waingapu, nanti Pelindo III yang akan mengerjakan, sekarang 120 meter panjangnya, ya paling tidak diperpanjang menjadi 180 meter,” kata Menhub Budi melalui siaran pers di Jakarta, kemarin.

Menhub juga meminta kepada Pelindo III untuk menambah fasilitas pendukung pelabuhan seperti crane untuk lebih mengefisienkan waktu bongkar muat di Pelabuhan Waingapu.

“Yang penting ada alatnya, tanpa crane bisa 1 sampai 3 hari dengan crane 6 jam sudah selesai. Jadi lebih panjang dermaganya dan kebih produktif, sehingga kapal-kapal lebih banyak dan kapal-kapal waktu sandar kapal disini jadi sebentar, makin efisien,” jelas Menhub.

GM Pelindo III Cabang Tenau Kupang I Putu Sukadana menyebut pihaknya akan melakukan pengadaan crane akan dilakukan pada tahun depan.

“Pengadaan alat, tahun depan sort crane, Rp25 miliar investasinya, anggaran 2018 dan 2019, ini untuk antisipasi ada industri pabrik gula. Sekarang sudah ada alat forklift kapasitas 7 ton, ada alat mitra yang beroperasi,” ujar Putu.(helmi)