Angkasa Pura 2

Kesadaran Rakyat Mulai Tumbuh, Pertamina Harus Agresif Pasarkan BBM Berkualitas Tinggi

Energi KoridorSelasa, 12 September 2017
IMG-20170912-WA0027

JAKARTA (Beritatrans.com) – Bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite menjadi primadona bagi konsumen, termasuk pengguna sepeda motor.
BBM pertalite  berkualitas tinggi itu makin melaju seiring kesadaran konsumen terhadap komoditas tersebut yang kian meningkat.

Direktur Puskepi Sofayno Zakaria menyatakan, ada fenomena yang sangat bagus. Masyarakat mulai sadar dan dengan sukarela beralih mengonsumsi BBM nonsubsidi seperti pertalite dan pertamax. Hal itu ditandai dengan konsumsi keduanya yang makin besar.

“Kondisi tersebut akan lebih baik, jika manajemen Pertamina bisa lebih agresif dalam memasarkan produknya  khususnya BBM nonsubsidi serta produk  turunan lainnya,” jelas Sofyano.

Ide pemasaran gila yang sudah dimulai mantan Direktur Pemasaran dan Niaga Ahmad Bambang cukup sukses menggenjot penjualan BBM dan produksi non BBM lain di Tanah Air.

“Saat itu, sektor hilir Pertamina mampu memberikan kontribusi laba yang signifikan. Ke depan, seluruh personel Pertamina harus bisa berperan sebagai agen pemasaran bagi Pertamina. Jika langkah itu bisa dilakukan, maka kinerja  BUMN migas itu akan lebih bagus,” papar Sofyano saat dikonfirmasi Beritatrans.com, Selasa (12/9/2017)
 
Penjualan BBM nonsubsidi berkualitas tinggi perlu ditingkatkan lagi. Kini masyarakat Indonesia mulai sadar akan kualitas BBM, bukan sekedar BBM. Meski kualitas BBM subsidi baik, tapi ada yang lebih baik seperti pertalite dan pertamax.

Naik Cukup  Signifikan

Data Pertamina menyebutkan, porsi diesel berkualitas tinggi dan rendah mengalami kenaikan cukup signifikan. Pada periode Januari-Juli 2016, dari total penjualan BBM jenis diesel, porsi Solar, yang berkualitas rendah, masih sebesar 98,9 %, sedangkan jenis diesel berkualitas tinggi yakni Pertamina Dex hanya 0,9 %, dan Dexlite 0,2 %.

Penjualan BBM jenis diesel periode Januari-Juli 2017, menunjukkan porsi Solar turun menjadi 96,8 %, sementara Dexlite naik menjadi 2 %, dan Pertamina Dex meningkat menjadi 1,2 %.  Persentase kenaikan Dexlite pada periode Januari-Juli 2017 dibandingkan dengan periode yang sama 2016 hampir mencapai 1000%, sedangkan Pertamina Dex tumbuh 57,6%.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan penjualan gasoline berkualitas tinggi terutama jenis Pertalite (RON 90) dan Pertamax (RON 92) serta diesel jenis Dexlite dan Pertamina Dex mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Penjualan BBM berkualitas jenis Pertalite selama Januari-Juli 2017 meningkat 363,7 % dibandingkan periode sama 2016. “Kenaikan penjualan Pertalite ini tercatat lebih dari tiga kali lipat,” katanya.

Penjualan Pertamax meningkat 53,7 %  dibandingkan periode yang sama 2016. “Secara total, penjualan BBM berkualitas jenis Pertamax Series (Pertamax, Pertamax Racing, dan Pertamax Turbo) mengalami peningkatan 60,9%,” tandas Adiatma.(helmi).