Angkasa Pura 2

Seleksi Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Digelar di Universitas Samratulangi Manado

LitbangSelasa, 12 September 2017
Litbang-Manado1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc, yang diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda, Ir. Imran Rasyid, membuka seleksi tingkat regional VII Manado Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2017.

Pembukaan lomba, yang digelar di Universitas Samratulangi, Manado, itu dihadiri Rektor Ir Ellen Kumaat MSc DEA dan sejumlah staf pengajar dil Universitas tersebut, Selasa (12/9/2017).

Dalam sambutannya yang dibacakan Imran Rasyid, Umiyatun mengemukakan terdapat empat peserta terbaik yang telah berhasil lolos dalam tahapan seleksi makalah, yakni untuk kategori SLTA-S1 berjumlah 3 peserta dan kategori S2-S3 berjumlah 1 peserta.

Lomba Penelitian Transportasi tingkat Nasional 2017, dia menuturkan merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan kelima kalinya dengan bertujuan untuk menyediakan wadah bagi masyarakat umum untuk menyumbangkan ide-ide kreatif dan inovatif dibidang perkeretaapian , meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan pelayanan perkeretaapian serta menjawab permasalahan transportasi yang ada saat ini.

“Khususnya transportasi perkeretaapian maupun dapat memberikan bahan masukan sebagai pertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan,” tutur mantan staf ahli Menteri Perhubungan tersebut.

Litbang-Manado

Pelaksanaan lomba diawali di Regional III DKI Jakarta, yang diselenggarakan pada hari Rabu 30 Agustus 2017 di Ruang Audio Visual lantai 7 Sekolah Tinggi Managemen transportasi (STMT) Trisakti- Jakarta dan dilanjutkan di Regional V Surabaya (untuk wilayah jawa Timur, bali, NTT an NTB).

Lomba Penelitian Transportasi Tingkat nasional Tahun 2017 ini dengan tema “ Melalui inovasi, Kita Ciptakan Perkeretaapian nasional Yang Andal, Selamat, Efisien dan Nyaman”, dilaksanakan di sepuluh regional yaitu Medan, Palembang, DKI jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Manado, Makassar, Ambon dan Jayapura.

Untuk peserta dibagi dua kategori, yaitu kategori SLTA-S1 dan S2-S3 jumlah peserta yang mendaftar untuk kategori SLTA-S1 dan S2-S3 berjumlah 290 peserta yang mendaftar dan jumlah peserta yang memasukan makalah untuk kategori SLTA-S1 adalah 171 peserta dan kategori S2-S3 adalah 50 peserta, sehingga jumlah keseluruhan 221 Peserta.

Para pemenang tingkat regional akan mendapatkan:
Juara I berupa piala, sertifikat dan uang tunai Rp5.000.000,-
Juara II berupa piala, sertifikat dan uang tunai Rp4.000.000,-
Juara III berupa piala, sertifikat dan uang tunai Rp3.500.000,-

Pemenang tingkat regional dari masing kategori akan mengikuti seleksi tingkat nasional untuk memperebutkan Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award oleh Menteri Perhubungan dan dilanjutkan dengan Transport Education Trip to Beijing, China. (aliy).