Angkasa Pura 2

2016 Indonesia Kirim 10 Kontainer Bantuan Kemanusiaan ke Muslim Rohingya

Another News Dermaga HankamRabu, 13 September 2017
IMG-20170913-WA0025

JAKARTA (Beritatrans.com) – Bantuan kemanusiaan untuk warga Rohingya Myanmar bukan hanya kali ini dilakukan Indonesia. Bangsa Indonesia sudah menunjukkan kepeduliannya pada warga minoritas muslim Rohingya di Myanmar tersebut.

“Akhir tahun lalu pun, pada 29 Desember 2016, Indonesia juga telah mengirimkan 10 kontainer paket bantuan untuk warga muslim Rakhine yang berada di Myanmar,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui siaran pers Biro Pers  Setpres di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu usai melepas Tim Bantuan Kemanusiaan ke Rakhine State dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Saat itu (2016), lanjut Presiden,  bantuan kemanusiaan ke Rakhine State Myanmar  diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

IMG-20161229-WA0005-2-553x400

Bantuan kemanusiaan ke Rohingya dikemas dengan menggunakan kapal dan disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Myanmar.

Kali ini, menurut  Presiden Jokowi, bantuan kirim melalui empat pesawat agar secepatnya diterima oleh para pengungsi di perbatasan Bangladesh dan Myanmar.

Presiden Jokowi menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan telah bersama-sama dengan pemerintah baik dari masyarakat, ormas, pemerintah daerah menyiapkan bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingya.

Selain itu juga ke pengusaha, yang bersama-sama pemerintah menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi dari Rakhine State, baik yang berada di Myanmar maupun Bangladesh.(helmi)