Angkasa Pura 2

Dari Lanud Halim, Presiden Jokowi Lepas Pesawat Hercules Pembawa Bantuan Kemanusiaan Untuk ke Pengungsi Rakhine State

Bandara Hankam KokpitRabu, 13 September 2017
IMG-20170913-WA0022

JAKARTA (Beritatrans.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk para pengungsi dari Rakhine State di Myanmar.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi  melalui siaran pers dari Biro Pers Sekretariat Presiden (Setpres) di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Tim kemanusiaan berangkan dari Pangkalan Halim Perdanakusuma di Jakarta, empat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara membawa bantuan ini menuju bandara di kota Chittagong di Bangladesh, sekitar 170 kilometer dari kamp pengungsi di Cox’s Bazaar.

Bantuan kemanusiaan Indonesia akan disampaikab melalui Bangladesh. Pasalnya, sebagian besar mereka berada di kamp-kamp pengungsian di perbatasan Bangladesh-Myanmar, terutama di kamp Cox’s Bazaar dan Kutupalong. PBB memperkirakan jumlah mereka saat ini lebih dari 370.000 orang.

Bantuan yang dibawa empat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara ini, jelas Presiden,  berupa barang-barang yang sangat diperlukan para pengungsi di sana, seperti beras, makanan siap saji, family kit, tangki air, tenda pengungsi, pakaian anak, dan selimut,” katanya seperti dilansir aku facebook Joko Widodo, Rabu.

Dikatakan, bantuan kemanusiaab dari masyarakat Indonesia ini baru pemberangkatan yang pertama. “Minggu depan, Insya Allah, akan diberangkatkan lagi yang bantuan yang kedua, ketiga, dan seterusnya,” tandas Presiden Jokowi.(helmi)