Angkasa Pura 2

Selain T-5, Trayek Tol Laut Lainnya Juga akan Dievaluasi

DermagaRabu, 13 September 2017
IMG-20170913-WA0062

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Plt. Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bay M. Hasani mengemukakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di wilayah yang dilalui tol laut selain trayek T-5 di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Hal itu kata dia, agar Pemerintah dapat hadir untuk menjaga pasokan dan distribusi barang kebutuhan pokok dan barang penting yang dibutuhkan masyarakat.

“Selain itu juga dalam upaya mengendalikan disparitas harga serta memacu pengiriman hasil industri lokal di wilayah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan,” jelas Bay di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Dia juga berharap dari kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), dapat diketahui apa saja yang harus dievaluasi dan diperbaiki agar ke depan khususnya di Tahun Anggaran 2018, pelayanan Tol Laut dan Rumah Kita bisa lebih baik.

Bay menambahkan, keberadaan Rumah Kita yang berfungsi sebagai sentra logistik dan akan membantu distribusi serta konsolidasi barang, berperan sangat penting dalam menunjang keberhasilan Tol Laut.

“Disinilah peran dari Pemerintah Daerah, Kementerian Perdagangan dan BUMN untuk mendukung kesuksesan program Tol Laut, karena program besar ini tak akan berjalan lancar tanpa adanya koordinasi dan konsolidasi dari berbagai pihak,” tutup Bay.

Seperti diketahui, pada tahun Anggaran 2017 ada 13 trayek Tol Laut yang sudah beroperasi, di mana tujuh rute dioperasikan oleh PT. Pelni dan enam rute lainnya dioperasikan oleh Swasta. (omy)

Keterangan foto: kegiatan monev di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara