Angkasa Pura 2

PT Pelni dan PT Pertamina Rekomendasikan Lulusan STIP Ikut Rekrutmen Calon Pegawai

Dermaga SDMJumat, 15 September 2017
Kapal pelni

IMG-20170907-WA0137

JAKARTA (Beritatrans.com) – Dua BUMN merekomendasikan mantan cadet terbaik asal STIP Jakarta untuk ikut seleksi calon pegawai mereka. BUMN tersebut adalah PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT Pertamina.

Kasubag Rumah Tangga dan Humas STIP Capt. Ariandy Syamsul Bahri, M.Sc mengatakan, dari PT Pertamina direkomendasikan 48 orang cadet dan PT Pelni ada 32 orang cadet.

“Mereka adalah mantan cadet yang Praktik Laut (prala) di Pelni dan Pertamina Perkapalan. Setelah turun kapal dan konditenya bagus, terus direkomendasikan untuk ikut seleksi calon pegawainya,” kata Capt. Ariandy menjawab Beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, kedua BUMN tersebut selalu menerima cadet dari STIP untuk praktik laut, baik dari prodi Nautika dan prodi Teknika. Keduanya juga tidak menerapkan sistem beasiswa. “Tapi, bagi cadet yang konditenya bagus akan direkomendasikan untuk ikut seleksi calaon pegawai mereka,” jelas Capt. Ariandy.

Sebeluya, data STIP Jakarta menyebutkan sebanyak 161 alumni STIP yang ikut wisuda terpadu tahun 2017 sudah langsung diterima bekerja di berbagai perusahaan pelayaran di dalam dan luar negeri.

Mereka itu adalah mantan cadet di beberapa perusahaan pelayaran tempatnya prala. Selama setahun prala konditenya bagus dan begitu turun kapal langsung direkrut menjadi pegawai dan teken kontrak kerja.

“Begitu mereka lulus dan ijazah DP III keluar langsung kerja di kapal mereka,” terang Capt. Ariandy.

IMG-20170910-WA0062

Beberapa perusahaan mitra STIP dan setiap tahun rutin merekrut lulusan STIP antara lain MOL (Jepang), K Lines (Jepang), Anthony Veder (Belanda), PT Jasindo, SPIL Indonesia, Tanto Lines Jakarta, Tanto Lines Surabaya dan lainya.

Manager Humas dan CSR Pelni Akhmad Sujadi membenarkan rekomendasi kepada 32 mantan cadet dari STIP untuk ikut rekrutmen calon pegawai tahun 2017 ini. Mereka adalah mantan cadet terbaik di Pelni dan sudah ikut praktik layar selama setahun di kapal Pelni.

“Mantan cadet di kapal-kapal Pelni itu konditernya baik. Tapi, mereka tetap harus ikut proses rekrutmen sesuai aturan yang berlaku di Pelni,” kata Sujadi kepada Beritatrans.com, Kamis (14/9/2017).

“Pelni akan bertindak objektif dan siap menerima bekerja bagi mantan cadet yang lulus seleksi. Karena cadetnya banyak dan peminatnya juga banyak, maka harus dilakukan seleksi untuk mencari yang terbaik dari mereka,” tandas Sujadi.(helmi)