Angkasa Pura 2

Kemhub Sosialisasikan Kerja Sama Operasional Jembatan Timbang dengan Swasta

KoridorSelasa, 19 September 2017
IMG-20170919-WA0042

IMG-20170919-WA0040

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Ditjen Perhubungan Darat melakukan sosialisasi operasional kerja sama swasta terkait proyek percontohan jembatan timbang.

Sosialisasi menurut Kasubdit Audit dan Inspeksi Keselamatan Jalan I Ketut Suhartana, dilaksanakan berdasarkan peralihan pengelolaan aset jembatan timbang dari daerah ke pusat, perubahan pola pengoperasian, dan perlunya model pengelolaan.

“Kemhub diamanahkan untuk mengoperasikan 141 jembatan timbang,” ujar Ketut di Palembang, Sulawesi Selatan, Selasa (19/9/2017).

Peran pihak ketiga dalam pelaksanan kerja sama operasional, kata dia,ada beberapa, diantaranya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk pengawasan dan pencatatan di jembatan timbang.

“Menyiapkan prosedur standar operasional yang melakukan pelaksanaan pilot project dalam pengawasan dan pencatatan,” tutur Ketut.

Selanjutnya, tugas pihak ketiga adalah melaporkan hasil kegiatan secara berkala dan melakukan kajian dalam upaya perbaikan operasional jembatan timbang.

Pada pelaksanaan operasionalnya, Kemhub menggandeng Surveyor Indonesia dan Sucofindo sebagai Manajemen Bersama Unit pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau jembatan timbang.

“Sosialisasi jembatan timbang ini dilakukan di empat kota. Selain Palembang, digelar juga di Semarang, Medan, dan Jakarta,” imbuhnya. (omy)