Angkasa Pura 2

Seluruh UPT Rayakan Hari Maritim Nasional 2017

DermagaSabtu, 23 September 2017
IMG-20170815-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Seluruh UPT di seluruh Indonesia merayakan Hari Maritim Nasional tahun 2017 yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 249/1964 tentang Penetapan 23 September Menjadi Hari Maritim Nasional.

“Hari Maritim Nasional dirayakan sebagai rangkaian Kampanye Keselamatan Pelayaran dengan mengadakan kegiatan sosial dan gerakan bersih pantai di seluruh UPT Ditjen Hubla sebagai perwujudan cinta maritim,” jelas Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani di Jakarta, Sabtu (23/9/2017).

Saat ini disebutkannya, Pemerintah memiliki fokus memanfaatkan segala potensi sumber daya kelautan, membangun transportasi laut dan infrastruktur pelabuhan yang disertai dengan pembangunan industri maritim yang kuat, termasuk membangun kekuatan ekonomi masyarakat sehingga nantinya kemandirian maritim dapat terwujud. 

Menurut Bay, kemandirian maritim harus dilakukan bila Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia. Di bawah koordinator Kemenko Maritim, Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut dan Kementerian/Lembaga terkait lainnya terus menunjukkan hasil yang memperkuat sektor kemaritiman di Indonesia.

“Berbekal kemandirian maritim, maka ke depan kami optimis akan mampu mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar dan disegani bangsa lain di dunia,” kata Bay.

Dia berharap agar seluruh instansi dan stakeholder terkait dapat berpartisipasi aktif memberikan dukungan dalam pembangunan sektor transportasi laut melalui terobosan-terobosan yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Hal tersebut tentu akan membuktikan bahwa secara bertahap, Indonesia bisa meraih kemandirian sebagai negara maritim yang besar,” tegas Bay. (omy)