Angkasa Pura 2

BPTD Sulselbar Gelar Pekan Nasional Keselamatan Jalan ke-11

KoridorMinggu, 24 September 2017
banner-aksi-keselamatan-jalan-indonesia

JAKARTA (beritatrans.com) – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) menggelar Pekan Nasional Keselamatan Jalan ke-11. Kegiatan ini dimulai secara resmi pada Sabtu (23/9/2017) dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

“Acara ini sebagai wujud kepedulian akan keselamatan jalan di Sulbar dan berharap kegiatan sosialisasi bisa terus digalakkan secara massive,” Kata Kepala BPTD Wilayah XIX Sulselbar Benny Nurdin melalui keterangan tertulisnya.

Benny mengatakan, sosialisasi kegiatan telah dilakukan sejak 18 September 2017 di beberapa sekolah di Sulbar.

Menurutnya, kegiatan yang dikenal dengan Dekade Aksi Kesalamatan Jalan (DoA) 2011-2020 adalah menjadi simbol lahirnya gerakan peduli keselamatan jalan dengan target tahun 2020 dapat menurunkan korban laka lantas sebesar 50 %.

“Tema kegiatan ini #Sayangi jiwa #Kurangi Kecepatan dimaksuskan agar seluruh pengguna jalan mengambil komitmen untuk menurunkan kecepatan guna menghindari tingginya korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas,” katanya.

IMG-20170921-WA0041

Benny mengungkapkan, tahun 2016 kecelakaan lalu lintas di Indonesia sekitar 108.374 kejadian dengan korban meninggal dunia 25.859 orang atau sekita 70-71 orang meninggal perhari atau sekitar 3-4 orang meninggal per jam akibat kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan ini juga sebagai media untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk menjadikan keselamatan jalan sebagai kebutuhan dan membudayakan kepatuhan terhadap batas kecepatan, sebagaimana diatur dalam PM 111 tahun 2015 tentang tata cara penetapan batas kecepatan.

“Untuk jalan bebas hambatan minimal 70 km/jam dan maksimal 100 km/jam, jalan antar kota maksimal 80 km/jam, Jalan kawasan perkotaan maksimal 50 km/jam, dan jalan dalam kawasan permukiman maksimal 30 km/jam,” ujar Benny.

Pekan keselamatan jalan tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti hiburan, gerak jalan santai dan kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah dan kegiatan lainnya.

“Ada juga festival lampion, hiburan artis trio macan dan beberapa hadiah door prize,” ujar Yakub, Kasi Lalu Lintas BPTD yang juga merangkap Kasatker perhubungan Darat Sulbar 2017 sekaligus penanggung jawab kegiatan.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kepada insan dan lembaga yang konsisten mengadvokasi keselamatan jalan ke masyarakat. Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas kepedulian dan atensinya terhadap program pemerintah dalam menekan angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan Jalan di wilayah Sulselbar. (aliy)

loading...